Paus Fransiskus Datang, Imam Gereja Ortodoks Yunani Teriak "Anda Pembuat Bid'ah"


YUNANI- Seorang imam Gereja Ortodoks Yunani meneriaki Paus Fransiskus ketika memasuki Keuskupan Agung Ortodoks di Athena, Sabtu, 5 Desember 2021. "Paus, Anda pembuat bidat," katanya.

Pastur sepuh itu langsung digelandang pergi oleh polisi. Insiden ini menurut Reuters, menunjukkan hubungan antara dua gereja masih ada masalah.

Bidat sama dengan bid'ah adalah sesuatu yang ditambahkan kepada apa yang tidak terdapat di dalam ketentuan-ketentuan sudah digariskan.

Video menunjukkan pria berjubah dan topi hitam dengan janggut putih panjang, meneriakkan kata-kata dalam bahasa Yunani di luar gedung sebelum polisi menariknya.

Saksi mata mengatakan dia berteriak cukup keras agar paus mendengarnya. Pria itu tampaknya jatuh saat dibawa pergi dan diangkat oleh polisi.

Dalam video yang diunggah Reuters, imam yang tidak disebut identitasnya itu mengatakan, "Mereka melakukan, astaga. Saya katakan dia adalah bidat untuk bertobat. Paus tidak dapat diterima di Yunani. dia harus bertobat yang lain. Sekarang saya tahu masalah di sini hari ini. Mereka sadar." Polisi tidak menahannya.

Paus Fransiskus tiba di Yunani pada hari Sabtu untuk kunjungan tiga hari yang diharapkan umat Katolik Yunani akan membuat gereja-gereja Timur dan Barat lebih dekat.

Kekristenan terpecah menjadi Gereja Katolik Roma dan Gereja Ortodoks Timur pada 1054 dalam apa yang disebut sebagai Skisma Besar.

Dalam pidatonya kepada uskup agung, Beatitude Ieronymos II, Fransiskus meminta pengampunan atas nama Gereja Katolik Roma atas perannya dalam kesalahan sejarah yang menyebabkan perpecahan.

"Tragisnya, di kemudian hari kita terpisah. Kekhawatiran duniawi meracuni kita, rerumputan kecurigaan meningkatkan jarak kita dan kita berhenti memelihara persekutuan," kata Paus Fransiskus kepada Ieronymos, yang dia temui selama perjalanan pertamanya ke Yunani pada 2016.

"Saya merasa perlu untuk meminta lagi pengampunan Tuhan dan saudara-saudari kita atas kesalahan yang dilakukan oleh banyak umat Katolik," kata Paus Fransiskus.

Paus Yohanes Paulus II pertama kali meminta pengampunan atas peran Katolik dalam perpisahan itu ketika ia mengunjungi Yunani pada 2001.

Umat Katolik dan Ortodoks telah terlibat dalam dialog yang bertujuan untuk reuni selama beberapa dekade dan bekerja sama dalam banyak inisiatif sosial tetapi kedua belah pihak masih berjauhan secara teologis.

"Kami percaya Anda memiliki keberanian dan ketulusan untuk memeriksa kegagalan dan kelalaian pendahulu Anda," kata Ieronymos kepada Francis. "Di antara mereka yang ingin disebut saudara Kristen, bahasa terbaik dan akan selalu, adalah kejujuran." (tem)


COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Paus Fransiskus Datang, Imam Gereja Ortodoks Yunani Teriak "Anda Pembuat Bid'ah"
Paus Fransiskus Datang, Imam Gereja Ortodoks Yunani Teriak "Anda Pembuat Bid'ah"
https://lh3.googleusercontent.com/-JKZ8TTkK090/Yaxsy0kc7VI/AAAAAAAEIac/eZmPFUws54oEmfiZpMq-n0D17xUjSVKSwCNcBGAsYHQ/s1600/1071506_720.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-JKZ8TTkK090/Yaxsy0kc7VI/AAAAAAAEIac/eZmPFUws54oEmfiZpMq-n0D17xUjSVKSwCNcBGAsYHQ/s72-c/1071506_720.jpg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/12/paus-fransiskus-datang-imam-gereja.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/12/paus-fransiskus-datang-imam-gereja.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy