Dipertanyakan, Alasan Saudi Masukkan Indonesia Dalam Kelompok Negara Terjangkit Corona

JAKARTA-Pemerintah Indonesia memang menyatakan tak ada kasus virus Corona jenis baru yang berjangkit di wilayahnya, tapi Arab Saudi memandang lain. Saudi memasukkan Indonesia ke daftar negara-negara terjangkit Corona.

Masuknya Indonesia ke daftar negara-negara yang mengalami kasus COVID-19 ini dipertanyakan Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi. Soalnya, pemerintah selama ini menyampaikan tak ada kasus virus Corona di Indonesia.

Indonesia kemudian masuk ke daftar negara yang warganya dilarang masuk ke Saudi menggunakan visa wisata. Sebagaimana keterangan pers Kementerian Luar Negeri Saudi, soal visa wisata ini ada dalam poin kedua.

"Menghentikan masuknya warga negara ke Kerajaan Arab Saudi dengan menggunakan visa wisata, bagi mereka yang datang dari negara-negara yang terkena wabah virus Corona baru (COVID-19), merujuk kepada kriteria yang ditetapkan oleh lembaga kesehatan terkait Pemerintah Kerajaan," demikian bunyi poin kedua pernyataan Kemlu Saudi, Kamis (27/2/2020).

Namun dalam pernyataan itu, Kemlu Saudi tidak menyebutkan negara-negara mana saja yang digolongkan dalam 'negara-negara yang terkena wabah virus Corona baru'. Tapi, daftar negara-negara itu ada. Jumlahnya ada 23 negara. Ini diketahui dari keterangan Menlu RI Retno.

"Itu yang saya sampaikan kepada Duta Besar Saudi tadi dan dubes yang ada di Riyadh sudah mengirim surat juga. Di dalam butir dua ada beberapa negara, 23 negara, salah satunya Indonesia, karena kenapa Indonesia? Karena Indonesia itu kan belum," kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (27/2).

Dihubungi terpisah, pelaksana tugas juru bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, menjelaskan daftar negara-negara yang terjangkit Corona versi Saudi telah disampaikan oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed al-Thaqafi, kepada Retno, saat pertemuan tadi.

"Tadi saya hadir saat Menlu menerima Dubes Saudi dan yang bersangkutan menyebutkan ada di daftar yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri Saudi. Antara lain Iran, Singapura, Republik Rakyat Tiongkok (China), Korea, dan lain-lain," kata Faizasyah.

Berikut ini daftar negara yang terjangkit virus Corona menurut Saudi, dikonfirmasi oleh pihak Kemlu RI:

- China
- China Taipei
- Hong Kong (Special Administrative Region/SAR of China)
- Iran
- Italia
- Korea (Rep)
- Makau (SAR China)
- Jepang
- Thailand
- Malaysia
- Indonesia
- Pakistan
- Afghanistan
- Irak
- Filipina
- Singapura
- India
- Lebanon
- Suriah
- Yaman
- Azerbaijan
- Kazakhstan
- Uzbekistan
- Somalia
- Vietnam

[mr/dtk]

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Dipertanyakan, Alasan Saudi Masukkan Indonesia Dalam Kelompok Negara Terjangkit Corona
Dipertanyakan, Alasan Saudi Masukkan Indonesia Dalam Kelompok Negara Terjangkit Corona
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgtRS7mVSk_cRse5c5h_W8a-jQQBEYT-zxF5cHgjaUDUpSXDdz_glsprCwDTH8pI5Q2GaYbtWgiDJJrhVNGOZk-ChadkpvpmE04U3A3ShlPVva3GVmiNjwpYxaXe5rjIBitOMgZ7WBYl0/s640/Screenshot_022720_101104_PM.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgtRS7mVSk_cRse5c5h_W8a-jQQBEYT-zxF5cHgjaUDUpSXDdz_glsprCwDTH8pI5Q2GaYbtWgiDJJrhVNGOZk-ChadkpvpmE04U3A3ShlPVva3GVmiNjwpYxaXe5rjIBitOMgZ7WBYl0/s72-c/Screenshot_022720_101104_PM.jpg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/02/dipertanyakan-alasan-saudi-masukkan.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/02/dipertanyakan-alasan-saudi-masukkan.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy