Sudah Mendarat di Saudi, Jamaah Umrah Asal Sumut Disuruh Pulang Lagi ke Indonesia



MEDAN-Otoritas Arab Saudi mengeluarkan larangan dan menyetopan sementara ibadah umroh dari berbagai negara. Akibatnya, puluhan ribu calon jemaah Umroh dari Sumatera Utara tertunda dan berharap adanya solusi dari pemerintah.

“Dari grup WA kita. Saya mendengar ada jemaah yang sudah tiba di Saudi, malah ditolak dan disuruh balik ke Indonesia. Jumlahnya ratusan. Mereka sudah tiba di sana (Bandara King Abdul Azis) sejak berangkat kemarin,” kata Ketua ASITA Sumatera Utara, Solahuddin Nasution, dilansir Waspadaaceh.com, Kamis (27/2/2020).

Kata Solahuddin, begitu keluarnya pengumuman penghentian kegiatan umroh itu, calon jamaah Umroh dari Sumut sudah tiba di sana. “Mereka langsung ditolak masuk oleh otoritas Saudi,” lanjut Solahuddin.

Solah–sapaan akrabnya–mengatakan, peristiwa itu terjadi karena ketika otoritas Saudi mengeluarkan pengumuman, para calon jamaah Umroh tersebut sedang dalam perjalanan. Setibanya mereka di Saudi, tanpa kompensasi apapun, calon jamaah Umroh itu tetap saja ditolak otoritas Saudi.

“Jadi, di sana mereka seperti tidak diterima. Padahal baru masuk. Kasihan juga. Saya dengar juga, ada di Sumut yang berangkat hari ini juga tertahan. Pihak Kemenag RI sudah di bandara untuk menenangkan mereka dan menjelaskannya,” ujarnya.

Di Sumut sendiri, kata Solah, anggota ASITA tercatat 20 travel agen penyelenggara Umroh dan Haji. Biasanya setiap bulan ada puluhan ribu yang berangkat dari Sumut.

“Bukan ribuan lagi. Tapi puluhan ribu jamaah biasanya setiap bulan dari Sumut. Ini lah yang perlu kita bahas bersama dengan pemerintah. Karena pihak yang paling dirugikan pertama kali itu adalah travel agen-nya. Jamaah itu menuntut ke travel agen bukan ke pemerintah,” ungkapnya.

Solah berharap adanya solusi bersama dari pemerintah kepada calon jamaah yang akan berangkat. Apalagi, biasanya satu bulan sebelum berangkat itu, semua travel agen sudah membayar lunas biaya maskapai termasuk akomodasi lokal di Saudi.

“Rugi jelas. Uang hangus jelas. Karena biasanya travel agen itu sudah mempersiapkan 1 bulan sebelum berangkat semuanya di sana. Termasuk maskapai dan pengurusan visa. Jadi, ini harus ada solusi bersama dari pemerintah,” jelasnya.

Solah berharap calon jamaah dapat memahami situasi ini termasuk upaya pemerintah dalam menenangkan masyarakat. Dia juga berharap adanya campur tangan pemerintah untuk melobi pemerintah Saudi Arabia dan berbagai pihak swasta yang terlibat di sana untuk membicarakan ini.

“Opsinya ada dua. Refund atau penjadwalan ulang. Kita berharap itu. Pemerintah turun tangan juga atasi ini. Jangan cuma travel agen saja,” tegasnya.

Sementara itu, informasi yang dihimpun dari maskapai Garuda Indonesia yang menjadi langganan transportasi Umroh selain Saudi Arabian Airlines, mengaku ikut berimbas. Bahkan, saat ini ada pesawat Garuda Indonesia yang tertahan di Soekarno Hatta karena tidak bisa terbang ke Saudi.

“Ada beberapa pesawat kita hari ini yang tertahan di Jakarta tidak bisa berangkat. Karena memang kita mulai beberapa waktu belakangan ini, sudah melakukan keberangkatan Umroh secara terpusat di Jakarta,” tegas pejabat Garuda Indonesia di yang enggan namanya disebut.(mr/waspd)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Sudah Mendarat di Saudi, Jamaah Umrah Asal Sumut Disuruh Pulang Lagi ke Indonesia
Sudah Mendarat di Saudi, Jamaah Umrah Asal Sumut Disuruh Pulang Lagi ke Indonesia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgLmgFrSx3zz2EZOvDk9f6zCDWoaTKyMGZRCKuCO1nK67rNj_Vt-tdNV4WfpZKDZnDzTi1WYRKfvSjVaYdRoUcYAzzJDh9C_5SGmiwpSM7myLVHwQoCRX04a1Rpr-cpQ7yrfVyGzNzOI8E/s1600/IMG_ORG_1582822027016.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgLmgFrSx3zz2EZOvDk9f6zCDWoaTKyMGZRCKuCO1nK67rNj_Vt-tdNV4WfpZKDZnDzTi1WYRKfvSjVaYdRoUcYAzzJDh9C_5SGmiwpSM7myLVHwQoCRX04a1Rpr-cpQ7yrfVyGzNzOI8E/s72-c/IMG_ORG_1582822027016.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/02/sudah-mendarat-di-saudi-jamaah-umrah.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/02/sudah-mendarat-di-saudi-jamaah-umrah.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy