Ekonomi Terdampak Corona, Uni Eropa Setujui Paket Penyelamatan 500 Miliar Euro

BRUSSELS -- Para menteri keuangan Uni Eropa (UE) telah menyetujui paket penyelamatan senilai 500 miliar Euro (setara 540 miliar dolar AS) untuk negara-negara Eropa yang terkena dampak pandemi virus corona baru atau Covid-19. Dilansir BBC, Jumat (10/4), Ketua Eurogroup, Mário Centeno, mengumumkan kesepakatan, yang dicapai setelah diskusi maraton di Brussels.

Kesepakatan tersebut terjadi ketika perdana menteri Spanyol mengatakan negara itu hampir melewati wabah virus corona terburuknya. Spanyol memiliki jumlah kasus terkonfirmasi tertinggi di Eropa, dengan 152.446 kasus. Lebih dari 15.000 orang di Spanyol tewas karena Covid-19.

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva telah memperingatkan dunia menghadapi krisis ekonomi terburuk sejak depresi hebat tahun 1930-an. Georgieva mengatakan pandemi Covid-19 akan mengubah pertumbuhan ekonomi 'sangat negatif' pada tahun ini.

Pada pembicaraan mereka di Brussels, para menteri Uni Eropa gagal menerima permintaan dari Perancis dan Italia untuk membagi biaya krisis dengan mengeluarkan apa yang disebut corona bonds.

Paket yang akhirnya disepakati lebih kecil dari yang diminta oleh Bank Sentral Eropa (ECB). ECB mengatakan negara-negara Uni Eropa mungkin membutuhkan 1,5 triliun Euro untuk mengatasi krisis.

Namun, Menteri Keuangan Prancis, Bruno Le Maire, memuji perjanjian itu sebagai rencana ekonomi terpenting dalam sejarah UE. "Eropa telah memutuskan dan siap untuk menghadapi gentingnya krisis," kata Le Maire dalam cuitannya di Twitter setelah perundingan selesai.

Komponen utama dari rencana penyelamatan melibatkan Mekanisme Stabilitas Eropa senilai 240 milua Euro untuk menjamin pengeluaran oleh negara-negara berutang. Para menteri Uni Eropa juga menyetujui langkah-langkah lain termasuk dana jaminan senilai 200 miliar Euro dari Bank Investasi Eropa dan proyek Komisi Eropa untuk skema kerja sama jangka pendek nasional.(mr/rol)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Ekonomi Terdampak Corona, Uni Eropa Setujui Paket Penyelamatan 500 Miliar Euro
Ekonomi Terdampak Corona, Uni Eropa Setujui Paket Penyelamatan 500 Miliar Euro
https://static.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/uni-eropa-_140701152544-138.jpg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/04/ekonomi-terdampak-corona-uni-eropa.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/ekonomi-terdampak-corona-uni-eropa.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy