Fahira Idris Optimis DKI Mampu Eksekusi PSBB dengan Baik



JAKARTA-Sebagai provinsi dengan kasus virus corona 19 terbanyak di Indonesia, status PSBB memang sudah seharusnya segera diterapkan. Sehingga laju penyebaran Covid-19 ini bisa segera dihentikan.

Menurut anggota DPD RI, Fahira Idris, dengan disetujuinya PSBB oleh Kementerian Kesehatan, Gubernur DKI Jakarta punya kewenangan untuk memformulasikan dan mengeksekusi berbagai kebijakan untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona.

Fahira pun optimistis kalau Pemprov DKI Jakarta sudah mempunyai berbagai formulasi kebijakan, peraturan, hingga teknis eksekusi PSBB. Termasuk mekanisme sosialisasi ke warga.

"Kalau kita cermati sebenarnya dalam beberapa sisi Jakarta sudah menerapkan PSBB sejak pertengahan Maret lalu. Namun, karena saat itu belum ada payung hukum dari Pusat, sifatnya masih imbauan," ujar Fahira Idris, melalui keterangannya di Jakarta, Selasa (7/4).

"Dengan status PSBB yang sudah disetujui ini, maka ke depan lebih ketat dan tegas lagi karena sifatnya sudah mengikat dan tentunya ada penegakkan hukum. Agar PSBB ini benar-benar efektif menahan laju penyebaran Covid-19 di Jakarta, saya meminta semua warga tanpa terkecuali mendukung dan mematuhi arahan gubernur," imbuhnya.

Menurut Senator Jakarta ini, upaya menekan laju penyebaran Covid-19 di Jakarta dipastikan akan memberi dampak signifikan untuk menurunkan angka paparan Covid-19 di Indonesia. Karena, sebagai episenter, setiap perubahan yang terjadi bakal berdampak ke angka penyebaran di daerah.

Nah, dengan PSBB, diharapkan laju penyebaran Covid-19 bisa ditahan sehingga angka paparan Covid-19 di Indonesia juga bisa berkurang secara signifikan.

"Saya optimistis PSBB di Jakarta berjalan baik dan kita berharap menjadi jalan bagi kita semua untuk menahan laju penyebaran Covid-19. Kuncinya warga mendukung, patuh, dan taat. InsyaAllah dampak-dampak baik ekonomi maupun sosial akibat status PSBB ini sudah diantisipasi oleh Pemprov DKI. Nantinya jika PSBB di Jakarta berjalan baik, bisa menjadi rujukan atau referensi bagi daerah atau provinsi lain," tandas Fahira.

Sebagai informasi, aturan detail mengenai PSBB diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman PSBB dalam rangka penanganan corona virus diseases 2019 (Covid-19). Aturan ini ditandatangani Menkes pada 3 April 2020.

Berdasarkan aturan ini, sebuah wilayah dapat menerapkan PSBB selama 14 hari. Bila ada infeksi baru, status PSBB bisa diperpanjang selama 14 hari lagi.

Sementara itu, ruang lingkup PSBB mulai dari peliburan sekolah dan tempat kerja. Pengecualian bagi kantor atau instansi strategis yang memberikan pelayanan terkait pertahanan dan keamanan, ketertiban umum, kebutuhan pangan, bahan bakar minyak dan gas, pelayanan kesehatan, perekonomian, keuangan, komunikasi, industri, ekspor dan impor, distribusi, logistik, dan kebutuhan dasar lainnya.

Kemudian juga ada pembatasan kegiatan keagamaan, pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum, pembatasan kegiatan sosial dan budaya, pembatasan moda transportasi, hingga pembatasan kegiatan lainnya khusus terkait aspek pertahanan dan keamanan.(mr/rmol)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Fahira Idris Optimis DKI Mampu Eksekusi PSBB dengan Baik
Fahira Idris Optimis DKI Mampu Eksekusi PSBB dengan Baik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj8Mci3Lz9LihryFrXZPXzPY67I65VBywTSEBBrM8nhskrJY4JVMnimhWmNMZvQC18LOV1SzeAefoXHCiINjRmxTm5Q1QFLEI9lgQlpERWxigzMEEdT5zyiq-IpxvfBOLXqaQISO2EvW5s/s1600/IMG_ORG_1586254229815.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj8Mci3Lz9LihryFrXZPXzPY67I65VBywTSEBBrM8nhskrJY4JVMnimhWmNMZvQC18LOV1SzeAefoXHCiINjRmxTm5Q1QFLEI9lgQlpERWxigzMEEdT5zyiq-IpxvfBOLXqaQISO2EvW5s/s72-c/IMG_ORG_1586254229815.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/04/fahira-idris-optimis-dki-mampu-eksekusi.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/fahira-idris-optimis-dki-mampu-eksekusi.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy