Gawat, Kobaran Api di Ukraina Dekati Wilayah Nuklir Chernobyl



KIEV -- Kebakaran hutan besar di Ukraina yang telah berkecamuk selama lebih dari sepekan sekarang hanya berjarak satu kilometer dari bekas pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl. Greenpeace Russia memperingatkan kondisi tersebut dapat menimbulkan risiko radiasi, Senin (13/4).

Kepala proyek energi di Greenpeace Russia, Rashid Alimov mengatakan, api yang dikipasi oleh angin dapat membubarkan radionuklida atau atom yang memancarkan radiasi. "Api yang mendekati fasilitas radiasi nuklir atau berbahaya selalu berisiko. Dalam hal ini kami berharap hujan besok," kata Alimov.

Layanan Situasi Darurat Ukraina mengatakan, masih dalam proses memadamkan kebakaran, meski saat ini situasinya masih terkendali. Rekaman video pada akhir pekan menunjukkan gumpalan asap hitam mengepul ke langit dan pepohonan masih menyala dengan petugas pemadam kebakaran di helikopter berusaha memadamkan api.

Gambar udara dari zona terluar 30 km di sekitar tempat kecelakaan nuklir terburuk di dunia pada 1986 menunjukkan kondisi hangus, menghitam, dan pohon yang masih membara. Layanan Situasi Darurat mengatakan, tingkat radiasi di zona eksklusi tidak berubah dan di kota Kiev yang terdekat, ibu kota Ukraina, tidak melebihi tingkat normal.

Tapi, Greenpeace Russia mengatakan, situasinya jauh lebih buruk daripada yang diungkapkan otoritas Ukraina. Kebakaran tersebut meliputi area seribu kali lebih besar daripada yang telah diumumkan ke publik.

Pada 4 April, pihak berwenang Ukraina mengatakan, kebakaran itu meliputi area seluas 20 hektare. Namun, Greenpeace mengutip gambar satelit yang menunjukkan ukurannya sekitar 12.000 hektare pada waktu itu.

"Menurut gambar satelit yang diambil pada Senin, area kebakaran terbesar telah mencapai 34.400 hektare," kata Greenpeace.

Greenpeace menyatakan, kebakaran kedua yang membentang di 12.600 hektare, hanya satu kilometer jauhnya dari pembangkit listrik tenaga nuklir yang mati. Pejabat Ukraina tidak segera menanggapi atas klaim tersebut.

Operator tur Chernobyl Yaroslav Yemelianenko menulis di Facebook, menggambarkan situasi saat ini kritis. Dia mengatakan, api berkembang pesat dan telah mencapai kota Pripyat yang ditinggalkan, dua kilometer dari tempat limbah radiasi paling aktif dari seluruh zona Chernobyl berada. Dia meminta pejabat untuk memperingatkan orang-orang tentang bahaya.

Gambar satelit yang diambil oleh NASA Worldview menunjukkan dua kebakaran telah meluas jauh ke zona pengecualian. Kebakaran karena cuaca kering itu dimulai pada 3 April di bagian barat dari zona eksklusif dan menyebar ke hutan terdekat.

Polisi mengatakan, telah mengidentifikasi seorang penduduk lokal berusia 27 tahun yang dituduh sengaja memulai kebakaran. Masih belum jelas alasan orang tersebut melakukan tindakan pembakaran. (mr/rol)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Gawat, Kobaran Api di Ukraina Dekati Wilayah Nuklir Chernobyl
Gawat, Kobaran Api di Ukraina Dekati Wilayah Nuklir Chernobyl
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsK7k8XSQG9G2Y7iz_XOaDGUGluLqc5-ODOJ4gBoITM_9LAdK_O2tkYGb-p7KPWVm7sSAaXxGqVWJzt52vfmL67O_ExgCZMpUlzIDm6uwVTTYoJEo1-Ukva6dTlyQzVbeFxNv6N4YwRpI/s1600/IMG_ORG_1586879638485.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsK7k8XSQG9G2Y7iz_XOaDGUGluLqc5-ODOJ4gBoITM_9LAdK_O2tkYGb-p7KPWVm7sSAaXxGqVWJzt52vfmL67O_ExgCZMpUlzIDm6uwVTTYoJEo1-Ukva6dTlyQzVbeFxNv6N4YwRpI/s72-c/IMG_ORG_1586879638485.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/04/gawat-kobaran-api-di-ukraina-dekati.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/gawat-kobaran-api-di-ukraina-dekati.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy