Mom, Jangan Abaikan Gizi Anak Selama Pandemi

Baca juga:
JAKARTA -- Corona adalah cerita tersendiri tentang betapa pandemi telah mendorong dunia untuk memiliki kesetimbangan yang baru dan melihat semua persoalan dengan perspektif yang benar-benar berbeda. Kewaspadaan pada wabah yang semula hanya mendatangkan dampak berupa krisis di bidang kesehatan, kini bergeser menjadi multikrisis, termasuk menyasar kehidupan sosial dan ekonomi.

Maka kemudian kewaspadaan, kesiapsiagaan, dan antisipasi mestinya bukan semata difokuskan pada satu dimensi, melainkan kompleks. Sebab, faktanya, dalam suasana apapun, jumlah kelompok usia rentan, termasuk khususnya balita di Indonesia, tetap harus menjadi perhatian khusus. Tercatat jumlah balita di Tanah Air mencapai 25 juta dengan angka kelahiran yang tinggi 4,5 juta dalam setahun.

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan dr Kirana Pritasari MQIH telah menekankan kepada orang tua untuk semakin memperhatikan kebutuhan gizi anak pada saat pandemi COVID-19.

"Pemenuhan gizi anak harus tetap diperhatikan untuk menjaga imunitas anak agar terhindar dari infeksi virus COVID-19," ujar dr Kirana Pritasari MQIH. Ia menambahkan imunitas tubuh erat kaitannya dengan cukup atau tidaknya asupan makan anak, yang akan berpengaruh langsung terhadap status gizi dan imunitasnya.

"Dengan asupan makan yang cukup, baik jumlah, jenis, dan frekuensinya, maka imunitas akan terjaga sehingga anak mampu menangkal penyakit infeksi, atau setidaknya bila telanjur terinfeksi maka dapat cepat sembuh kembali," ujar Kirana.

Menurut dia, anak yang tertular COVID-19 akan menjadi lebih berisiko, ketika anak memiliki penyakit penyerta, seperti pneumonia. Dengan demikian mempertahankan status gizi anak jangan sampai turun bagi yang normal, dan memperbaiki status gizi pada anak-anak gizi kurang dan buruk menjadi sangat penting, katanya.

Ancaman Gizi Buruk

COVID-19 yang pada perkembangannya menyertakan dampak berupa krisis multidimensi diprediksi akan memunculkan setidaknya 1 juta orang miskin baru di Tanah Air. Ini juga berarti ancaman tambahan bagi kesehatan anak dengan potensi gizi buruk dan stunting dimana-mana.

Oleh karena itu, diperlukan kerja sama antarsemua komponen untuk saling bantu, termasuk dalam upaya menjaga pemenuhan gizi anak di masa pandemi.

Dirjen Kesmas Kemenkes KiranaPristasari pun menyadari bahwa keterbatasan penghasilan orang tua dapat memberikan efek domino yang menyebabkan penurunan daya beli.

"Bila tidak diimbangi dengan kemampuan ibu memilih dan memilah makanan bergizi sesuai kemampuan, dapat berdampak terhadap asupan makan anak yang mempengaruhi status gizinya," katanya.

Oleh karena itu, ia berpendapat ketersediaan pangan di rumah tangga dan pengetahuan orang tua terhadap pemilihan bahan makanan bergizi dengan harga yang terjangkau harus menjadi perhatian khusus.

Sementara Guru Besar FKUI Prof Damayanti R. Sjarif menekankan agar jangan sampai mengabaikan gizi anak di masa pandemi. "Kebutuhan gizi untuk tumbuh kembang mereka harus dicukupi. Daya tahan tubuh mereka perlu dibantu dengan makanan bergizi, termasuk yang mengandung protein hewani, seperti susu," katanya.

Menurut dia, pandemi ini hanya persoalan jangka pendek, namun menjaga tumbuh kembang anak merupakan tugas jangka panjang yang harus terus dilakukan agar persoalan gizi kurang dan gizi buruk tidak bertambah.

sumber : Antara

COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,381,FOKUS,172,GLOBAL,538,HIBURAN,4,IPTEK,292,KHAZANAH,120,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,430,OLAHRAGA,312,OPINI,85,OTOMOTIF,53,POLHUKAM,574,RAGAM,524,SELEBRITA,218,
ltr
item
Konfrontasi: Mom, Jangan Abaikan Gizi Anak Selama Pandemi
Mom, Jangan Abaikan Gizi Anak Selama Pandemi
https://lh3.googleusercontent.com/-Qoo91AUFgmo/XqIMhzMNtqI/AAAAAAAAQ9k/Zz9yQc8oVbQJgI0_Qjnp9svFzJzKKo_AACLcBGAsYHQ/s1600/IMG_ORG_1587678328746.jpeg
https://lh3.googleusercontent.com/-Qoo91AUFgmo/XqIMhzMNtqI/AAAAAAAAQ9k/Zz9yQc8oVbQJgI0_Qjnp9svFzJzKKo_AACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_ORG_1587678328746.jpeg
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2020/04/mom-jangan-abaikan-gizi-anak-selama.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/mom-jangan-abaikan-gizi-anak-selama.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy