NASA Rencanakan Bangun Observatorium di Bulan

WASHINGTON - Badan Antariksa AS (NASA) akan membangun observatorium bulan, yang ditempatkan di dalam kawah di sisi jauh Bulan. Observatorium ini akan memiliki keuntungan signifikan dibandingkan dengan teleskop yang berbasis di Bumi dan yang mengorbit Bumi.

NASA telah memberikan lampu hijau untuk proyek yang membayangkan membangun teleskop di dalam kawah di sisi jauh Bulan. Dilansir di Sputnik News, Kamis (16/4), Program Innovative Advanced Concepts dari badan antariksa itu memilih Lunar Crater Radio Telescope (LCRT).

Untuk pendanaan awal Fase I, NASA mengalokasikan 125 ribu dolar AS untuk mempelajari kelayakannya. Teleskop ini dibuat oleh Saptarshi Bandyopadhyay, seorang teknolog robotika di Jet Propulsion Laboratory NASA.

"LCRT dengan diameter 1 km akan menjadi teleskop radio bukaan terisi terbesar di Tata Surya," kata Bandyopadhyay.

Observatorium bulan, yang ditempatkan di dalam kawah di sisi jauh Bulan, akan memiliki keuntungan signifikan dibandingkan dengan teleskop yang berbasis di Bumi dan yang mengorbit Bumi.

Pertama, sinyal radio tidak dapat menembus Bulan. Dengan begitu, observatorium ini bisa bebas dari berbagai gangguan atau sinyal yang berasal dari sumber-sumber berbasis bumi, satelit atau Matahari.

Kedua, observatorium semacam itu dapat mempelajari alam semesta pada panjang gelombang lebih dari 10 m. Sejauh ini, hal itu masih belum dijelajahi oleh manusia karena ionosfer Bumi mencerminkan sinyal-sinyal tersebut.

"LCRT dapat memungkinkan penemuan-penemuan ilmiah yang luar biasa di bidang kosmologi dengan mengamati alam semesta awal dalam pita panjang gelombang 10-50 m, yang belum dieksplorasi oleh manusia hingga saat ini," kata Bandyopadhyay.(mr/rol)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: NASA Rencanakan Bangun Observatorium di Bulan
NASA Rencanakan Bangun Observatorium di Bulan
https://static.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/bulan-_140602141642-311.jpg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/04/nasa-rencanakan-bangun-observatorium-di.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/nasa-rencanakan-bangun-observatorium-di.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy