Ombudsman Apresiasi Langkah Aktif DKI Ajukan PSBB

Baca juga:

JAKARTA-Ombudsman mendukung upaya Gubernur DKI Jakarta mengajukan Permohonan Status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kepada Kementerian Kesehatan. Permohonan itu sudah sesuai dengan ketentuan Pasal 6 dalam PP 21/2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Permohonan itu juga menunjukkan jika Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memenuhi kaidah administrasi yang baik, yaitu melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat sebagaiman yang diamanatkan di dalam PP tersebut.

"Permohonan ini sekaligus untuk memastikan wilayah kewenangan mana yang dikelola oleh pemerintah pusat dan mana yang dikelola oleh pemerintah daerah," tutur Kepala Perwakilan Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya, Teguh P Nugroho, Minggu (5/4/2020). 

Teguh menyampaikan apresiasinya kepada Pemprov DKI Jakarta dalam penanganan Covid-19 di Ibu Kota. "Dengan segala keterbatasan kewenangan yang dimiliki dan arahan pemerintah pusat yang belum memadai, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan upaya yang menurut Ombudsman Jakarta Raya luar biasa dan berhasil menekan potensi penyebaran Covid-19 ke tingkat yang lebih membahayakan," tandasnya.

Upaya baik yang telah dilakukan oleh DKI Jakarta yang selama ini dipantau oleh Ombudsma, diantaranya membuat peta penyebaran Covid-19 sebagai bagian dari peningkatan kesadaran publik atas Pandemi ini.

DKI Jakarta juga telah membuat dan melaksanakan protokol pemakaman bagi lebih dari 400 warga yang meninggal dunia dengan gejala yang menyerupai Covid-19 sebagai antisipasi penyebaran pandemi yang lebih luas dan bagian dari proses menekan kepanikan publik. (Baca juga: Camkan! Ini Isi Permenkes tentang PSBB Penanganan Covid-19).

Selain itu, Ombudsman juga mencatatkan upaya pemberian insentif bagi para tenaga medik, penyiapan hotel dan fasilitas penginapan bagi para tenaga medik, dan penyediaan rumah sakit rujukan juga fasilitas laboratorium pengambilan sampel tes PCR yang memadai.

Meski kemudian ditolak oleh pemerintah pusat, upaya DKI Jakarta untuk melakukan pembatasan arus lalu lintas antar kota antar provinsi dan transportasi publik dalam kota, juga diapresiasi positif oleh Ombudsman.

"Kami melihat Gubernur dan jajaran tidak hanya melihat angka kematian akibat pandemi ini sebagai angka statistik semata, dan langkah-langkah yang diambil beliau dan jajaran menunjukan itikad besar pemprov untuk memastikan bahwa keselamatan warga adalah hal yang utama," sebut Teguh.

Untuk itu, upaya permohonan PSBB yang diajukan pada 3 April 2020 sekaligus juga dalam rungka memastikan rentang kendali dan rentang tanggung jawab secara pasti antara yang harus dipikul oleh DKI Jakarta dan yang harus ditangani pemerintah pusat.(mr/snd)

COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,397,FOKUS,172,GLOBAL,593,HIBURAN,4,IPTEK,300,KHAZANAH,122,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,469,OLAHRAGA,314,OPINI,98,OTOMOTIF,56,POLHUKAM,856,RAGAM,638,SELEBRITA,226,
ltr
item
Konfrontasi: Ombudsman Apresiasi Langkah Aktif DKI Ajukan PSBB
Ombudsman Apresiasi Langkah Aktif DKI Ajukan PSBB
https://lh3.googleusercontent.com/-VLYyyVZvlHg/XomeIv_evAI/AAAAAAAAN3E/n4Me85Nn7gguaQpuEhyuKRkL1fBjQC6fQCLcBGAsYHQ/s1600/IMG_ORG_1586077119323.jpeg
https://lh3.googleusercontent.com/-VLYyyVZvlHg/XomeIv_evAI/AAAAAAAAN3E/n4Me85Nn7gguaQpuEhyuKRkL1fBjQC6fQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_ORG_1586077119323.jpeg
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2020/04/ombudsman-apresiasi-langkah-aktif-dki.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/ombudsman-apresiasi-langkah-aktif-dki.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy