Resep Shalat Khusyuk

Baca juga:
KONFRONTASI -- Di dunia ini, ada yang beribadah dengan dorongan sekadar memenuhi kewajiban harian. Namun, ada pula yang berupaya lebih dari itu. Mereka ingin menggapai level di mana bila ibadah tak dilakukan, maka diri akan terasa "kurang."

Level demikian dimotori oleh sikap khusyuk. Ya, kemampuan untuk beribadah secara khusyuk adalah suatu kenikmatan.

Alquran surah al-Mu'minun ayat 1-2 menegaskan, khusyuk adalah tanda pertama bagi orang-orang yang beruntung. Mereka yang dapat beribadah secara khusyuk berhak mendapatkan kabar gembira dari Allah SWT (QS al-Hajj:34-35).

Begitu pentingnya kekhusyukan. Bahkan, ketidakberadaannya menjadi tanda rusaknya hati dan keadaan. Khusyuk merupakan tolok ukur tertinggi dari sehatnya hati. Jika khusyuk telah sirna, itu berarti hati pun telah rusak.

Nabi saw bersabda, "Ilmu yang pertama kali diangkat dari muka bumi adalah kekhusyukan." (HR Thabrani).

Resep untuk khusyuk

Bagaimana cara menghadirkan khusyuk? Imam al-Ghazali menawarkan resep berikut.

Pertama, jangan melalaikan ibadah. Mereka yang lalai dalam semua shalatnya, bagaimana mungkin bisa mendirikan shalat untuk semata-mata mengingat-Nya?

Berapa banyak orang hidup tetapi tidak punya daya gerak bagaikan mayit? Demikian pula dengan orang yang lalai dalam seluruh pelaksanan shalat.

Lebih lanjut, Imam al-Ghazali menjelaskan makna batin, yakni terangkum dalam enam kalimat: kehadiran hati, tafahhum, takzim, haibah, raja' dan haya'.

Kehadiran hati ialah mengosongkan hati dari hal-hal yang tidak perlu hingga dia senantiasa sadar, tidak berpikiran liar.

Tafahhum adalah paham terhadap makna.

Takzim itu rasa hormat.

Haibah adalah rasa takut yang bersumber dari rasa hormat.

Raja' adalah pengharapan, sedangkan haya adalah rasa malu.

Haibah (rasa takut) datang dari kesadaran akan kekuasaan Allah, hukuman-Nya, dan pengaruh kehendak-Nya. Raja' timbul lantaran diri menyadari kemahalembutan Allah, kedermawanan-Nya, keluasaan nikmat-Nya, keindahan ciptaan-Nya, dan kebenaran janji-Nya.

Adapun haya' muncul melalui perasaan serbakurang sempurna dalam hal beribadah. Merasa diri tak mampu menunaikan hak-hak Allah atas dirinya.

Tiga tipe

Berdasarkan itu, manusia terbagi menjadi tiga kelompok. Pertama, orang lalai. Dia mendirikan shalat, tetapi hatinya tidak hadir sama sekali.

Kedua, orang lalai yang sama sekali tak mendirikan shalat. Ketiga, orang yang tidak pernah lalai dalam shalat dan selalu menghidupkan hatinya. Tipe ketiga inilah yang dimaksud dengan kekhusyukan.

Maka, ketika mendengar seruan azan, hadirkanlah dalam hati kita gambaran tentang kondisi kita kelak di Hari Akhir. Dengan cara itu, hati akan lebih terpanggil dalam beribadah kepada-Nya.

Orang-orang yang bersegera memenuhi seruan ini adalah orang-orang yang dipangil dengan penuh lemah lembut pada hari 'pergelaran akbar' itu.

"Jika kita bisa mendapatinya dengan penuh kegembiraan, kesenangan, selalu berkeinginan untuk memulainya, maka ketahuilah rasa khusyuk akan datang kepadamu," kata Said Hawwa dalam buku Tazkiyatun Nafs. (mr/rol)

COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,381,FOKUS,172,GLOBAL,540,HIBURAN,4,IPTEK,292,KHAZANAH,120,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,433,OLAHRAGA,312,OPINI,87,OTOMOTIF,53,POLHUKAM,574,RAGAM,524,SELEBRITA,218,
ltr
item
Konfrontasi: Resep Shalat Khusyuk
Resep Shalat Khusyuk
https://lh3.googleusercontent.com/-vtNdnRAW48g/XpRCTO40nVI/AAAAAAAAPcY/a_QCWOLoQwcrOqkAjYDE0IWFuN_fR-YRwCLcBGAsYHQ/s1600/1586774602308484-0.png
https://lh3.googleusercontent.com/-vtNdnRAW48g/XpRCTO40nVI/AAAAAAAAPcY/a_QCWOLoQwcrOqkAjYDE0IWFuN_fR-YRwCLcBGAsYHQ/s72-c/1586774602308484-0.png
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2020/04/resep-shalat-khusyuk.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/resep-shalat-khusyuk.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy