Suara-suara Aneh di Dunia yang Belum Bisa Dijelaskan Secara Ilmiah

Baca juga:

JAKARTA- Beberapa fenomena suara atau dentuman aneh terdengar dari langit. Fenoman ini bahkan hampir terjadi di beberapa wilayah diseluruh dunia.  Beberapa fenomena tetap menjadi misteri selama bertahun-tahun dan belum diketahui darimana mereka berasal.

Suara-suara tersebut memiliki frekuensi yang sangat rendah hingga sangat keras. Berikut beberapa fenomena suara aneh yang belum bisa dijelaskan secara ilmiah, seperti dikutip dari laman Cosmos Magazine, Minggu (12/4/2020).

1. Hum

Hum merupakan suara frekuensi rendah yang telah terdengar di beberapa wilayah. Suara ini pertama kali ditemukan pada 1960 dari Kanada hingga Mexico, Skotlandia, dan Selandia Baru.

Sebagian besar yang mendengarnya mengatakan itu terdengar seperti mesin truk, umumnya terdengar lebih keras di malam hari. Suara aneh tersebut lebih sering terdengar di pedesaan dan pinggiran kota daerah.

Sebuah studi oleh geoscientist David Deming, dari University of Nebraska, menunjukkan Hum mungkin sebenarnya adalah hasil dari transmisi radio Very Low Frequency (VLF) yang digunakan oleh kekuatan militer. Penelitian lain menunjukkan bahwa Hum berasal dari fenomena terestrial atau geologis alami. Ini adalah fakta yang dipelajari dengan baik bahwa hewan tampaknya dapat memprediksi gempa bumi, jadi mungkin beberapa manusia memiliki mekanisme yang sama.

2. Skyquake

Skyquake menyerupai suara ledakan dari langit, namun bukan guntur. Suara misterius ini pernah terdengar di Sungai Gangga di India ke Laut Jepang.

Para ilmuwan telah menemukan beberapa kemungkinan penyebabnya. Suara seperti ledakan mungkin disebabkan oleh ombak besar yang menabrak tebing. Kemungkinan lainnya yakni meteor yang menghasilkan ledakan sonik saat melaju cepat ke atmosfer.

3. Paus 52-Hertz

Suara ini kerap kali dijuluki panggilan paus paling kesepian di dunia. Suara ini pernah terdengar di Pasifik Utara pada 1992.

Namun suara paus dengan frekuensi 52Hz ini cukup berbeda dengan paus kebanyakan. Suara paus biasanya lebih tinggi antara 10–39 Hz dan paus sirip dengan kecepatan 20 Hz.

Para ilmuwan berspekulasi itu berasal dari hewan yang mungkin cacat atau hibrida seperti keturunan paus biru dan paus sirip.

4. Upsweep

Upsweep terdenfar seperti suara yang menyapu berulang kali ke atas seperti lolongan yang tidak wajar, dari frekuensi rendah ke frekuensi tinggi. Ini pertama kali terdeteksi di lautan Pasifik pada tahun 1991 oleh array hidrofon otonom dari Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS (NOAA).

Menariknya, itu berubah sepanjang tahun, memuncak pada musim semi dan musim gugur, meskipun para ilmuwan tidak yakin apakah ini disebabkan oleh perubahan sumber atau perubahan lingkungan yang dilalui suara.

Upsweep memiliki penjelasan yang masuk akal tetapi masih belum dikonfirmasi yakni gunung berapi bawah laut. Diperkirakan suara itu mungkin hasil dari lava panas yang mengalir ke air laut yang dingin. Meskipun masih dapat dideteksi, level Upsweep perlahan-lahan menurun sejak penemuan awalnya.(mr/okz)

COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,381,FOKUS,172,GLOBAL,538,HIBURAN,4,IPTEK,292,KHAZANAH,120,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,429,OLAHRAGA,312,OPINI,85,OTOMOTIF,53,POLHUKAM,563,RAGAM,524,SELEBRITA,218,
ltr
item
Konfrontasi: Suara-suara Aneh di Dunia yang Belum Bisa Dijelaskan Secara Ilmiah
Suara-suara Aneh di Dunia yang Belum Bisa Dijelaskan Secara Ilmiah
https://lh3.googleusercontent.com/-ksaohUyDcZg/XpJpn4BDjxI/AAAAAAAAPRE/xBfcIPcZLHE_ZVHWqmlrHDSJvUWnic6IwCLcBGAsYHQ/s1600/1586653595731114-0.png
https://lh3.googleusercontent.com/-ksaohUyDcZg/XpJpn4BDjxI/AAAAAAAAPRE/xBfcIPcZLHE_ZVHWqmlrHDSJvUWnic6IwCLcBGAsYHQ/s72-c/1586653595731114-0.png
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2020/04/suara-suara-aneh-di-dunia-yang-belum.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/suara-suara-aneh-di-dunia-yang-belum.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy