Terus Bertambah, Jumlah Kasus Corona di Belanda Hampir 20 Ribu

Baca juga:


AMSTERDAM -- Belanda melaporkan kasus infeksi virus corona di Negeri Kincir Angin bertambah 777. Selasa (7/4) pihak berwenang Belanda mengatakan maka jumlah kasus infeksi virus yang dikenal Covid-19 ini menjadi 19.580.

Institut Kesehatan Belanda melaporkan jumlah kematian Covid-19 bertambah 234. Sehingga kini sudah 2.101 pasien di Belanda yang meninggal dunia karena virus corona.

Namun mereka menegaskan angka tersebut termasuk dari data yang diambil akhir pekan tapi baru dilaporkan sekarang. Dalam pengumuman Selasa ini Belanda belum mengumumkan jumlah pasien yang sembuh.

Namun berdasarkan data Center for Systems Science and Engineering (CSSE) dari Johns Hopkins University sebanyak 258 pasien Covid-19 di Belanda sudah dinyatakan sembuh. Hingga kini Negeri Kincir Angin itu masih menerapkan apa yang mereka sebut sebagai 'karantina wilayah cerdas'.

Belanda adalah satu dari segelintir negara yang merangkul gagasan kekebalan kelompok atau herd immunity. Tidak seperti negara-negara lain di seluruh dunia yang mulai memberlakukan karatina wilayah.

Dilansir dari BBC, pemerintah Belanda menerapkan 'karatina wilayah cerdas' atau 'karantina yang ditargetkan'. Mereka ingin melindungi aspek sosial, ekonomi, dan psikologi dari dampak karantina wilayah.

Sehingga upaya ke kondisi normal akan lebih mudah. BBC melaporkan toko-toko seperti toko bunga, material, roti bahkan mainan masih dibuka. Tapi sekolah, tempat penitipan anak, dan universitas ditutup setidaknya sampai 28 April mendatang.

Bar, restoran dan toko ganja ditutup. Sementara para pelanggan menggunakan layanan pesan antar. Belanda mengaku kebijakan yang mereka terapkan cukup berhasil.

"Kami tidak ingin bereaksi berlebihan, mengunci semua orang di rumah mereka. Dan lebih mudah untuk menjaga jarak antargenerasi di sini karena nenek dan kakek tidak tinggal di rumah yang sama dengan anak-anak mereka," kata Dr Louise van Schaik dari Institut Hubungan Internasional Clingendael Ahad (5/4) lalu.

Belanda memang menghimbau warganya untuk menjaga jarak dan tetap tinggal di rumah kecuali untuk keperluan yang mendesak. Tapi mereka masih diizinkan keluar bila tidak bisa bekerja di rumah atau untuk berbelanja.

Warga Belanda juga masih diperbolehkan keluar rumah untuk menghirup udara segar. Dengan syarat mereka tetap menjaga jarak satu sama lain sejauh 1,5 meter. Imbauan itu tampaknya cukup dipatuhi masyarakat Belanda.

BBC melaporkan sebuah jajak pendapat menunjukkan 99 persen masyarakat tetap menjaga jarak. Sementara 93 persen warga tetap berusaha untuk tinggal di rumah sebisa mungkin.

Sebelumnya Inggris juga mengusulkan untuk menerapkan kebijakan kekebalan kelompok. Tapi segera ditentang karena dinilai terlalu tidak berperikemanusiaan.

Sebab membiarkan virus mematikan menyebar di masyarakat untuk menciptakan kekebalan kelompok artinya membiarkan sekelompok orang risiko tinggi atau rentan meninggal dunia. Sejumlah peneliti Inggris mengungkapkan kekebalan kelompok dapat menewaskan 250 ribu jiwa.(mr/rol)

COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,381,FOKUS,172,GLOBAL,540,HIBURAN,4,IPTEK,292,KHAZANAH,120,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,433,OLAHRAGA,312,OPINI,87,OTOMOTIF,53,POLHUKAM,574,RAGAM,524,SELEBRITA,218,
ltr
item
Konfrontasi: Terus Bertambah, Jumlah Kasus Corona di Belanda Hampir 20 Ribu
Terus Bertambah, Jumlah Kasus Corona di Belanda Hampir 20 Ribu
https://lh3.googleusercontent.com/-ZRp4mDpTA3o/Xo0VPNCaPFI/AAAAAAAAOdY/BopqHWcfGCcqvoCrklmUJdzyGpBJPmeOwCLcBGAsYHQ/s1600/IMG_ORG_1586304299928.jpeg
https://lh3.googleusercontent.com/-ZRp4mDpTA3o/Xo0VPNCaPFI/AAAAAAAAOdY/BopqHWcfGCcqvoCrklmUJdzyGpBJPmeOwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_ORG_1586304299928.jpeg
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2020/04/terus-bertambah-jumlah-kasus-corona-di.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/terus-bertambah-jumlah-kasus-corona-di.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy