Riset Terbaru: Lockdown Efektif Tekan Penyebaran Corona

LONDON-Salah satu upaya yang ditempuh banyak negara di dunia di masa awal pandemi virus corona atau Covid-19 adalah dengan melakukan penguncian atau lockdown.

Langkah ini ternyata efektif dan memiliki dampak drastis pada penyebaran virus corona. Setidaknya di kawasan Eropa, merujuk pada penelitian terbaru yang dirilis awal pekan ini.

Para peneliti di Imperial College London menemukan bahwa lockdown berhasil memangkas jumlah rata-rata orang yang menularkan virus corona kepada orang lain menjadi 81 persen, serta menurunkan angka reproduksi, atau R, dari epidemi di bawah 1 di semua negara di Eropa yang mereka amati.

Ketika R kurang dari 1, epidemi menurun. Karena R kurang dari 1 berarti, setiap orang yang terinfeksi menularkan virus ke kurang dari satu orang lainnya.

Penelitian yang sama juga menemukan bahwa lockdown di Eropa yang memberlakukan pembatasan dan kontrol ketat pergerakan masusia, berhasil mencegah sekitar 3,1 juta kematian pada awal Mei lalu di Eropa.

Tim peneliti melakukan penelitian tersebut dengan cara mengumpulkan data tentang kematian akibat Covid-19 dari 11 negara Eropa termasuk Inggris, Italia, Perancis, Spanyol dan Jerman, dan bekerja mundur untuk menghitung tingkat penularan beberapa minggu sebelumnya serta untuk memperhitungkan jeda waktu antara infeksi dan kematian.

Di Inggris sendiri, sejak diberlakukannya lockdown akhir Maret lalu, ditemukan bahwa jumlah reproduksi epidemi Inggris berkurang dari 3,8 menjadi 0,63.

Model tersebut juga menunjukkan bahwa hingga 4 Mei lalu, antara 12 juta dan 15 juta orang telah terinfeksi virus corona. Tetapi beberapa negara terpukul jauh lebih keras daripada yang lain.

Menurut model yang sama, Belgia memiliki jumlah kasus per kapita terbesar di Eropa dengan 8 persen dari populasi yang terinfeksi, dibandingkan dengan hanya 0,46 persen dari Norwegia dan 0,85 persen dari Jerman.

"Model kami memperkirakan bahwa kami sangat jauh dari herd immunity (kekebalan kawanan)," kata seorang profesor statistik di Imperial dan rekan penulis dalam penelitian ini, Axel Gandy.

Herd immunity sendiri baru tercapai ketika cukup banyak orang yang kebal terhadap virus secara alami. Dalam kasus Covid-19, para ilmuwan meyakini bahwa lebih dari 70 persen populasi harus kebal terhadap virus corona agar herd immunity bisa tercipta.

"(Penelitian) ini memberi tahu kita bahwa kita harus sangat berhati-hati dan tidak melepaskan terlalu banyak dalam satu waktu karena Anda tidak memiliki kendali," kata Gandy, seperti dimuat The Guardian (Senin, 8/6).[MR/RM]

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Riset Terbaru: Lockdown Efektif Tekan Penyebaran Corona
Riset Terbaru: Lockdown Efektif Tekan Penyebaran Corona
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEixX2PiVagffCKdTBsKYB1sSOTPcyYVKn62WM9UWdJJPa0au-bWcjLdB3I8ThYnxoy6miBZ89tPDypB3CsooieEqOCD3sAEIfcunw-fhR6dj2HZVERxplh4_0OI2r08AcRsfOVNVrNyopM/s640/LOCKDOWN.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEixX2PiVagffCKdTBsKYB1sSOTPcyYVKn62WM9UWdJJPa0au-bWcjLdB3I8ThYnxoy6miBZ89tPDypB3CsooieEqOCD3sAEIfcunw-fhR6dj2HZVERxplh4_0OI2r08AcRsfOVNVrNyopM/s72-c/LOCKDOWN.jpg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/06/riset-terbaru-lockdown-efektif-tekan.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/06/riset-terbaru-lockdown-efektif-tekan.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy