Haris Azhar: Wajar Masyarakat Berspekulasi Terkait Kebakaran Kejagung



JAKARTA-Direktur Eksekutif Lokataru Foundation sekaligus pegiat hukum dan HAM, Haris Azhar menyebut wajar masyarakat berspekulasi pasca kebakaran di Gedung Kejaksaan Agung akhir pekan lalu.

Pasalnya kata dia, spekulasi itu adalah akumulasi dari berbagai hal yang terjadi, termasuk drama penegak hukum yang terlibat dalam berbagai pelanggaran.

"Akumulasi ini yang sebetulnya memperkuat pilar spekulasi tadi. Coba keliling lembaga pemasyarakatan, berapa banyak kepala daerah yang dipidana. Karena penegakan hukum berbasis statistik yang mempengaruhi APBN. Banyak kementerian/lembaga di Indonesia selalu menumbuhkan angka supaya mendapat kucuran APBN besar," kata Haris dalam diskusi ILC tvOne, Selasa 25 Agustus 2020.

Kata dia misalnya saja kepolisian, kejaksaan atau KPK di mana jika angka penanganan hukum salah satu variabel tinggi, maka APBN juga tinggi. Namun ia mengakui penjahat sebenarnya yang berada di luar jeruji penjara tidak tertangani dan justru ada pihak tertentu yang sengaja `dicomot` dalam rangka memenuhi angka statistik.

"Kok target banyak, harusnya kan zero crime. Oleh karena itu banyak yang nggak salah, masuk penjara. Itu contoh bagaimana api itu secara simbolis menjadi dendam bagi para jaksa dan polisi. Jadi begitu api berhasil melalap kata-kata `agung`, masyarakat makin kuat spekulasinya," kata dia.

Selain itu Haris juga mempertanyakan status heritage terhadap gedung yang dibangun 53 tahun yang lalu itu. Menurutnya jika memang sudah tua, tidak seharusnya jaksa agung dan para pejabat tinggi institusi berkantor di gedung tersebut.

Baca juga : Soal Omnibus Law, Rocky Gerung: Ini Senjata Terakhir Presiden Jokowi!
"Lalu gedung yang dipakai pejabat tinggi ini, ternyata nggak ada IMB. Sekarang kalau mau dibilang nggak ada kaitan sama kasus, tetapi masalah gedungnya saja kantor Kejagung yang urusin kasus triliunan, bagaimana mau mengurusi itu tapi urusan `rumah tinggal` saja tidak bisa," ungkapnya.(mr/lawjust)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Haris Azhar: Wajar Masyarakat Berspekulasi Terkait Kebakaran Kejagung
Haris Azhar: Wajar Masyarakat Berspekulasi Terkait Kebakaran Kejagung
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEihe_Fx4YAL-BMydAaic7vR-aoZuw7mXDdjf-VvxQCDevnwgrug0_iImDt9Y7XrVlBxLW9gGYyFoLVrLUPewMpoFLUCvyKYHeOzxjO1jJMx-XrpU3MahGpVJqdfJACObi4enJg9j5pEFUg/s1600/IMG_ORG_1598407681352.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEihe_Fx4YAL-BMydAaic7vR-aoZuw7mXDdjf-VvxQCDevnwgrug0_iImDt9Y7XrVlBxLW9gGYyFoLVrLUPewMpoFLUCvyKYHeOzxjO1jJMx-XrpU3MahGpVJqdfJACObi4enJg9j5pEFUg/s72-c/IMG_ORG_1598407681352.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/08/haris-azhar-wajar-masyarakat.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/08/haris-azhar-wajar-masyarakat.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy