Erdogan Sebut Presiden Prancis Perlu Perawatan Mental

TURKI - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengecam Presiden Prancis Emmanuel Macron atas permusuhannya kepada dunia Islam. Erdogan menyebut pemimpin Prancis itu butuh dirawat mentalnya.

"Apa masalah Macron dengan Islam dan Muslim? Dia membutuhkan perawatan kesehatan mental, "kata Erdogan di kongres Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK) yang berkuasa di provinsi Kayseri tengah, lansir dailysabah, Ahad(25/10).

"Apa yang dapat dikatakan kepada seorang kepala negara yang memperlakukan jutaan pemeluk agama minoritas di negaranya seperti ini? Pertama-tama, (dia perlu) pemeriksaan mental, "tegas Erdogan.

Prancis baru-baru ini meluncurkan perburuan ekstensif terhadap komunitas Muslim menyusul pernyataan Macron yang menyebut Islam sebagai agama bermasalah dan perlu dibendung. Banyak organisasi nonpemerintah dan masjid telah ditutup dalam dua minggu terakhir, sementara serangan terhadap Muslim telah mencapai puncaknya.

Sebagai tanggapan, seorang pejabat kepresidenan Prancis mengatakan kepada Agence France-Presse (AFP) bahwa Paris memanggil utusannya ke Ankara untuk berkonsultasi. Duta Besar Herve Magro akan bertemu Macron untuk membahas situasi tersebut, kata pejabat itu.

"Komentar Presiden Erdogan tidak dapat diterima. Kelebihan dan kekasaran bukanlah metode. Kami menuntut agar Erdogan mengubah arah kebijakannya karena berbahaya dalam segala hal," kata pejabat itu.

Pejabat Elysee, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, juga mengatakan bahwa Prancis telah mencatat "tidak adanya pesan belasungkawa dan dukungan" dari presiden Turki setelah pemenggalan kepala guru Samuel Paty di luar Paris. Paty dibunuh setelah menunjukkan kartun di kelasnya yang menggambarkan Nabi Muhammad, yang dianggap sangat ofensif oleh umat Islam.

Pejabat itu juga menyatakan keprihatinan atas seruan oleh Ankara untuk memboikot barang-barang Prancis.

Macron bulan ini menggambarkan Islam sebagai agama "dalam krisis" di seluruh dunia dan mengatakan bahwa pemerintah akan mengajukan rancangan undang-undang pada bulan Desember untuk memperkuat undang-undang 1905 yang secara resmi memisahkan gereja dan negara di Prancis. Dia mengumumkan pengawasan sekolah yang lebih ketat dan kontrol yang lebih baik atas pendanaan masjid dari luar negeri.

Namun perdebatan tentang peran Islam di Prancis telah mencapai intensitas baru setelah pemenggalan kepala Paty, yang menurut jaksa dilakukan oleh seorang Chechnya berusia 18 tahun yang memiliki kontak dengan seorang teroris di Suriah.

"Anda terus-menerus mengolok-olok Erdogan. Ini tidak akan menghasilkan apa-apa bagi Anda," kata Erdogan menuturkan ucapan lainnya.

"Akan ada pemilihan umum (di Prancis) … Kami akan melihat nasib (Macron) Anda. Saya rasa jalannya tidak panjang. Mengapa? Dia belum mencapai apa pun untuk Prancis dan dia harus melakukannya untuk dirinya sendiri."ujarnya.

Kedua sekutu NATO itu berselisih mengenai berbagai masalah termasuk hak maritim di Mediterania Timur, Libya, Suriah dan konflik yang meningkat antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah Nagorno-Karabakh yang diduduki.

Turki mendukung Azerbaijan dalam konflik tersebut tetapi membantah tuduhan Macron bahwa Ankara telah mengirim pejuang milisi Suriah untuk membantu Azerbaijan.

Erdogan pada hari Sabtu balik menuduh Prancis, yang bersama dengan Rusia dan Amerika Serikat menjadi ketua bersama Kelompok Minsk yang bertugas menyelesaikan konflik, "berada di balik bencana dan pendudukan di Azerbaijan." 

Dia juga mengulangi klaim sebelumnya bahwa Prancis, yang memiliki komunitas Armenia yang kuat, mempersenjatai Yerevan. "Kamu pikir kamu akan memulihkan perdamaian dengan senjata yang kamu kirim ke orang Armenia. Kamu tidak bisa karena kamu tidak jujur."

Erdogan juga menuduh polisi Jerman melakukan "fasisme" atas penggerebekan baru-baru ini di sebuah masjid Berlin.

"Fasisme Eropa mencapai level baru dengan serangan seperti itu terhadap warganya sendiri," katanya.

Polisi Jerman pada hari Rabu menyerbu Masjid Mevlana dan beberapa bangunan lain di Berlin sebagai bagian dari penyelidikan atas penipuan subsidi virus corona, penyiar publik Turki berbahasa Jerman TRT Deutsch melaporkan pada hari Kamis.

Pejabat Turki dengan keras mengutuk tindakan polisi Jerman tersebut, dan menyebutnya sebagai "tindakan sangat buruk," mengabaikan kesucian tempat ibadah.(*)



COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Erdogan Sebut Presiden Prancis Perlu Perawatan Mental
Erdogan Sebut Presiden Prancis Perlu Perawatan Mental
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgDMXl1N9iviRrqXHYouCVhVsgBzsUvHnjICm2KnW-YI6RO4vLZDfiX000dnGylXhHtaW20KnWj7SNaJSt-ZjSyOo1AvlTHGBKUKhP_zk0XBxvRVodjtwbBCX1Onb1PIY1GU2-BM4QM7vw/w640-h360/images-254.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgDMXl1N9iviRrqXHYouCVhVsgBzsUvHnjICm2KnW-YI6RO4vLZDfiX000dnGylXhHtaW20KnWj7SNaJSt-ZjSyOo1AvlTHGBKUKhP_zk0XBxvRVodjtwbBCX1Onb1PIY1GU2-BM4QM7vw/s72-w640-c-h360/images-254.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/10/erdogan-sebut-presiden-prancis-perlu.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/10/erdogan-sebut-presiden-prancis-perlu.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy