Biden Disebut Bakal Gelar Pertemuan Virtual dengan Xi Jinping



WASHINGTON-- Presiden Amerika Serikat Joe Biden dilaporkan bakal mengadakan pertemuan virtual dengan Presiden China Xi Jinping pada Senin (15/11) mendatang.

Sebagaimana dilansir CNN, pertemuan Biden dan Xi Jinping ini diungkap oleh sumber yang mengetahui rencana tersebut.

Rencana pertemuan ini dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan atas Taiwan, perdagangan, dan hak asasi manusia.

Pada saat yang sama, AS dan China meluncurkan kesepakatan kejutan tentang iklim, menggarisbawahi beberapa bidang kerja sama.

Sebelumnya, Biden pernah berharap pertemuan puncak dapat dilakukan secara tatap muka dengan Xi Jinping.

Namun, pemimpin China itu diketahui tidak pernah meninggalkan China dalam hampir dua tahun sehingga pertemuan Senin nanti disebut akan dilakukan secara virtual.

Pertemuan virtual ini akan menjadi yang pertama bagi Biden dengan Xi Jinping sejak ia menjadi Presiden AS pada Januari silam, dan itu terjadi ketika Xi Jinping mengisyaratkan sedikit pemanasan hubungan dengan AS, menurut pernyataan yang diterbitkan di situs web kedutaan besar China untuk AS pada Selasa lalu.

Dalam surat itu, Xi Jinping mengatakan China bersedia untuk "meningkatkan pertukaran dan kerja sama di seluruh bidang" dengan AS dan membawa hubungan antara kedua kekuatan dunia kembali ke jalur yang benar.

Biden dan Xi Jinping terakhir kali berbicara yakni pada September lewat panggilan telepon yang berlangsung sekitar 90 menit.

Kedua negara sepakat untuk mengadakan pertemuan virtual bulan lalu selama pertemuan enam jam yang diperpanjang antara penasihat keamanan nasional Biden Jake Sullivan dan diplomat top China, Yang Jiechi.

Kedua pria itu bertemu di Swiss untuk pembicaraan yang menyentuh bidang kerja sama dan ketidaksepakatan karena ketegangan antara kedua negara mereka meningkat di Taiwan.

Pejabat terkait memastikan bahwa tujuan pertemuan ini jauh dari konflik antara Sullivan dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken dengan Yang dan Penasihat Negara Wang Yi pada pertemuan Maret lalu di Anchorage, Alaska.

Diketahui, setelah pertemuan itu, para pejabat China menuduh delegasi AS bersikap "merendahkan", sementara seorang pejabat AS mengatakan para pejabat China tampaknya "berniat untuk sombong." (Mr/cnn)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Biden Disebut Bakal Gelar Pertemuan Virtual dengan Xi Jinping
Biden Disebut Bakal Gelar Pertemuan Virtual dengan Xi Jinping
https://lh3.googleusercontent.com/-ZwD9C3FV8RQ/YY2bCmu15fI/AAAAAAAANXg/swiDTXzd6I0a-FBXthdPebBUSQsX0L5KACLcBGAsYHQ/s1600/IMG_ORG_1636670171459.jpeg
https://lh3.googleusercontent.com/-ZwD9C3FV8RQ/YY2bCmu15fI/AAAAAAAANXg/swiDTXzd6I0a-FBXthdPebBUSQsX0L5KACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_ORG_1636670171459.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/11/biden-disebut-bakal-gelar-pertemuan.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/11/biden-disebut-bakal-gelar-pertemuan.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy