Dr Ahsin Wijaya, MA: Ulama Humanis dan Ramah, Hafidh Quran dan Mufassir




KONFRONTASI- Dari Wonosobo, KH Dr. Ahsin Wijaya MA adalah sosok ulama intelek yang humanis dan  hafal Al-Quran sekaligus ahli dalam qiraat sab’ah. Umumnya, seorang sarjana tafsir sedikit sekali yang hafal Al-Quran, atau ada juga yang hafal Al-Quran namun bukan seorang yang intelektual. 

KH Dr. Ahsin Wijaya  yang ramah, humanis  dan baik itu, sekarang menjabat sebagai Dekan Fakultas Syariah Universitas Sains Al-Quran (UNSIQ) Wonosobo. ''Silakan mampir kemari (ke rumah beliau, atau ke  UNSIQ, Wonosobo) kalau mau sowan,'' kata Doktor lulusan UIN Sunan Kalijaga itu kepada redaksi dalam dialog melalui telepon.

Sosok KH Dr. Ahsin Wijaya adalah satu dari sedikit orang yang menguasai ilmu tafsir, namun juga seorang hafidz dan ahli dalam qiraat sab’ah. Menurutnya, syarat untuk mempelajari yang terakhir ini, yaitu ragam bacaan Al-Quran (qiraat sab’ah) harus menghafal Al-Quran terlebih dahulu, karena umumnya ulama-ulama dahulu mensyaratkannya seperti itu. 

KH Dr. Ahsin Wijaya dan Keluarga

Menurutnya, Al-Quran pertama kali diturunkan kepada Nabi ­Muhammad SAW di Mekah terus­ ke Madinah dan kemudian menyebar ke berbagai daerah, nah padahal setiap daerah itu sendiri kan logatnya saja berbeda-beda. Contoh di Indonesia sendiri ada logat jawa yang kalo membaca “Al hamdulillahi Robbil alamin” mengucapkannya “Alkamdulillahirabbil Ngaalamin”. Ada lagi Bali, Padang dan beberapa daerah lainya. 

Nah pada periode Mekah  ini bacaan Al-Quran dipopulerkan oleh Nabi dengan bahasa Quraisy, kemudian  Periode Madinah (sesudah hijrah) muncul ­dispensasi Nabi untuk membaca Al-Quran dengan tujuh huruf. Periode ­penyebaran para sahabat ke berbagai wilayah kekuasaan Islam yang di sana bahasa dan logatnya juga berbeda. Setelah itu periode penyebaran pemahaman terhadap qiraatAl-Quran dalam komunitas umat Islam, disandarkan­ kepada para imam qurra,­ Periode­ qiraat tujuh yang dinisbatkan­ kepada­ tujuh imam me­ru­­pakan re­presentasi ba­caan yang mutawatir. Lalu, Siapa saja Imam yang Tujuh itu?

Menurut beliau, diantara Imam yang Tujuh itu ada Imam Nafi, Imam Ibnu Katsir, Imam Abu Amr, Imam Ibnu Amir, Imam Ashim, Imam Hamzah, Imam Ali Al-Kisai. Itu semua adalah imam-imam qiraat:

1.         Mazhab Madinah dinisbatkan kepada Imam Nafi’.  Dua orang rawinya (yang dipilih oleh Ibnu Mujahid) adalah Qalun dan Warsy.

2.       Mazhab Mekah dinisbatkan kepada Ibnu Katsir.  Dua orang perawinya adalah  Al-Bazzi dan Qunbul.

3.       Mazhab Kufah 1 dinisbatkan kepada  Imam Ashim. Dua orang perawinya adalah Hafs dan Syu’bah.

4.       Mazhab Kufah 2 dinisbatkan kepada Imam Hamzah. Dua orang rawinya adalah  Khalaf dan Khallad.

5.       Mazhab Kufah 3 dinisbatkan kepada Imam Al-Kisai. Dua orang rawinya adalah  Abu Haris dan Ad-Duri.

6.       Mazhab Basrah dinisbatkan kepada  Imam Abu Amr. Dua orang rawinya adalah  Ad-Duri dan As-Susi.

7.                Mazhab Syam dinisbatkan kepada  Ibnu Amir. Dua orang rawinya adalah  Hisyam dan Ibnu Zakwan.

Demikianlah secercah petikan wawancara redaksi KorMin Tazakka, Edi Buana dan Hares Adam Islahi dengan Pak KH Ahsin yang teduh.

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Dr Ahsin Wijaya, MA: Ulama Humanis dan Ramah, Hafidh Quran dan Mufassir
Dr Ahsin Wijaya, MA: Ulama Humanis dan Ramah, Hafidh Quran dan Mufassir
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjwW9X25vu88Je_Dh6uFY6j735Fh3mD-aw3HZIyvkfbbR8TB7vo8xUTOYLU93O2T1xdeGaJEthBbXdx-FmKHPFZCWb4PfPJe_lLUsI2PupGCs6gAMhPt3cENig6Fq62zKbdyBEtNNY9o7ZHRBFqw2HV8w23yvrNnnjiguw_4NXmaxGmL-2vAdBlE7o5=w640-h356
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjwW9X25vu88Je_Dh6uFY6j735Fh3mD-aw3HZIyvkfbbR8TB7vo8xUTOYLU93O2T1xdeGaJEthBbXdx-FmKHPFZCWb4PfPJe_lLUsI2PupGCs6gAMhPt3cENig6Fq62zKbdyBEtNNY9o7ZHRBFqw2HV8w23yvrNnnjiguw_4NXmaxGmL-2vAdBlE7o5=s72-w640-c-h356
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/11/dr-ahsin-wijaya-ma-ulama-humanis-dan.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/11/dr-ahsin-wijaya-ma-ulama-humanis-dan.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy