Muhammadiyah Gandeng BNPT Ciptakan Influencer Islam Moderat


JAKARTA - Pengarusutamaan pandangan Islam Wasathiyah atau Islam Moderat didorong Lembaga Kerja Sama dan Hubungan Internasional (LHKI) PP Muhammadiyah dengan menggandeng Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Betuk kerjasama PP Muhammadiyah dengan BNPT adalah dengan menggelar pelatihan Da'i/Da'iyah dan aktivis Muhammadiyah untuk mengkampanyekan Islam Wasatiyah di media sosial (medsos).

Ketua LHKI PP Muhammadiyah, KH. Muhyidin Junaidi menjelaskan, pelatihan sudah digelar pada Selasa kemarin (23/11) dengan tema "Kader Perintis Moderasi".

Menurutnya, pelatihan ini dimaksudkan untuk mendorong kaum muda Muhammadiyah agar tampil paling depan dalam mensyiarkan Islam Wasatiyah di medsos.

"Sebagai bagian dari dakwah amar ma'ruf nahi mungkar," ujar Muhyidin dalam keterangan tertulisnya, Selasa malam (24/11).

Ditambahkan Ketua PP Muhammadiyah, Prof. Syafiq A. Mughni, yang mengingatkan agar dalam bermedia sosial kader Muhammadiyah harus senantiasa mengedepankan tabayyun.

"Dan meng-counter Islamophobia yang sering dihembuskan melalui isu radikalisme dan terorisme," katanya.

Direktur Pencegahan BNPT, Brigjen Pol Ahmad Nurwakhid mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh LHKI PP Muhmmadiyah sebagai bagian dari pencegahan terorisme dan ekrtrimisme dengan pendekatan holistik.

Mnurut Nurwakhid, maraknya konten dan narasi ekstrim yang dapat menjurus pada aksi terorisme di medsos harus dicegah melalui sinergitas dari semua elemen bangsa.

"Utamanya dari Muhammadiyah sebagai salah satu ormas Islam yang tak lelah mensyiarkan Islam Wasatiyah di tengah-tengah masyarakat," ucap Nurwakhid.

Salah satu narasumber dalam pelatihan tersebut, Wachid Ridwan selaku Sekretaris LHKI PP Muhammadiyah, mengharapkan adanya kerja sama yang baik antara masyarakat dan pemerintah dalam penguatan Islam Wasatiyah.

"Sebagai contoh, partisipasi masyarakat tinggi dalam pencegahan radikalisme dan ekstrimisme, maka aksi terorisme bisa berkurang," ujarnya.

Narasumber lain, Ai Fatimah selaku Wakil Dekan UHAMKA, menyampaikan pentingnya peran ormas Islam Muhammadiyah dalam mengarusutamakan Islam Wasathiyah, dan mencegah radikalisme dan ekstremisme di kalangan masyarakat Indonesia yang beragam.

"Karena Muhammadiyah  memiliki modal sosial yang cukup kuat," demikian Ai Fatimah menambahkan. [rmol]


COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Muhammadiyah Gandeng BNPT Ciptakan Influencer Islam Moderat
Muhammadiyah Gandeng BNPT Ciptakan Influencer Islam Moderat
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiT5fhuuqtfJtY7lM2s83fluxElbIIzkNnzMweJ0HX3WIbn5vaR90L3-aWZpEfeKJJDRHqLEjgaSNcKvObSynG0CduHyv8x0BMHE3YTk9nS6MWsVj83K2SVZAlqtyF2PkDwDU1MyZd194oLOEqKuUFm-giPXN859KhxMIfn1CWiB5ueFd7Ohr69OzY2GQ=w640-h426
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiT5fhuuqtfJtY7lM2s83fluxElbIIzkNnzMweJ0HX3WIbn5vaR90L3-aWZpEfeKJJDRHqLEjgaSNcKvObSynG0CduHyv8x0BMHE3YTk9nS6MWsVj83K2SVZAlqtyF2PkDwDU1MyZd194oLOEqKuUFm-giPXN859KhxMIfn1CWiB5ueFd7Ohr69OzY2GQ=s72-w640-c-h426
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/11/muhammadiyah-gandeng-bnpt-ciptakan.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/11/muhammadiyah-gandeng-bnpt-ciptakan.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy