Situasi Politik ke Depan, Hariman Siregar : Keadaan Dibayangi Ketidakpastian



KONFRONTASI-Dalam waktu singkat di minggu ini telah terjadi pergantian posisi jabatan strategis di lingkungan TNI, mulai dari Panglima hingga KSAD.

Pergantian itu menjadi sorotan banyak pihak, tak saja terkait personalnya namun posisi jabatan tersebut dikaitkan dengan agenda besar bangsa negara ini yakni Pilpres yang rencananya akan berlangsung pada Tahun 2024.

Sehingga terpilihnya Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI dan Jenderal Dudung Abdurachman sebagai KSAD tak luput dari spekulasi banyak pihak. Hal itu bagi penulis merupakan hal wajar, sebab memang posisi itu sangat strategis atas terselenggaranya Pilpres serta hasilnya.



Akan tetapi ada hal lain yang sebetulnya menjadi variabel penting bagi terlaksananya agenda Nasional Pilpres 2024 serta perubahan nasional, yaitu situasi keamanan nanti di tahun 2024 nanti.

Akan tetapi keadaan keamanan tidak saja dalam bentuk ancaman fisik semata namun diluar itupun menjadi hal penting, misalnya ancaman Covid-19.

Kenyataannya perkembangan covid-19 hingga hari ini belum bisa diprediksi oleh banyak pihak terkait dalam negeri juga internasional.

Hal itu disampaikan oleh mantan aktivis Mahasiswa UI dan tokoh Peristiwa MALARI, 15 Januari, Tahun 1974, dr. Hariman Siregar, dalam suatu diskusi rutin bertajuk Diskusi Rebon InDemo (Indonesia Democracy Monitor), yaitu suatu Diskusi dan Kajian para Aktivis, Pemerhati, Tokoh, dan Masyarakat lintas generasi, yang telah berlangsung lama sejak tahun 2000.

Bahwa kita semua tidak bisa tahu bagaimana keadaan dan perkembangan covid-19 kedepan. Bagaimana pun Covid telah membuat banyak perubahan (new normal) dan dampaknya mengena kesemua aspek kehidupan manusia, termasuk sosial politik, ekonomi, ujar Hariman via Zoom Meeting, Rabu malam, 17/11/2021

Oleh karenanya, Hariman soroti soal bagaimana penanganan Petugas terkait antisipasi dan perkembangan virus kedepan. Kita lihat bagaiman Rusia, Belanda dan negara di benua Eropa juga Amerika, saat ini masih kewalahan atasi wabah ini. Apakah karena keadaan cuaca atau musim di negaranya atau hal lain, pastinya belum ada satu jawaban yang pasti.

Hariman pun memuji masyarakat kita hebat, mereka mau beradaptasi dengan berbagai aturan protokol, salah satunya melakukan vaksin dan melakukan pola hidup sehat. Akibatnya kenyataan itu buahkan hal positif, dan dari data pihak terkait menunjukkan penderita Covid kian melandai, bahkan dibeberapa wilayah sudah nol.

Karenanya ia sangat berharap, dimulai dari kita-kita para aktivis tetap mau menjaga kesehatannya masing-masing, dan saling membantu sesama bagi yang mampu.

Ditanya soal upaya Pemerintah, Hariman sampaikan bahwa dari keadaan ini kita tetap waspada, jangan terlena, khususnya kita perhatikan betul di hari raya nasional nanti, yang sebentar lagi akan memasuki hari Natal dan Tahun Baru 2022.

Jelang akhir diskusi, aktivis senior ini ingatkan bahwa kita sudah punya beberapa pengalaman, yaitu awal pandemi tahun 2020, pertengahan pandemi serta bulan Juni 2021 lalu, dimana banyak kawan, kerabat, saudara kita yang wafat akibat Covid mematikan ini. Oleh karena para ilmuwan kesehatan dunia juga belum bisa pastikan Covid ini termasuk para ahli virus di RRC dan Amerika, maka diperlukan kewaspadaan dan tetap menjaga kesehatannya masing-masing, tutup Hariman Siregar.

“Saking belum bisa diprediksi perkembangan virus ini, Amerika pun berikan resep pembuatan pfizer sebagai obat generiknya kepada negara-negara yang membutuhkan, guna hadapi virus Covid yang belum bisa diprediksi kedepannya,” tutup Hariman Siregar.

(Laporan Agusto Sulistio, Jalurdua.com)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Situasi Politik ke Depan, Hariman Siregar : Keadaan Dibayangi Ketidakpastian
Situasi Politik ke Depan, Hariman Siregar : Keadaan Dibayangi Ketidakpastian
https://1.bp.blogspot.com/-NKVupWgHRhM/YZognyRb0hI/AAAAAAAAAN8/z33Xo4fp6VcF2bbAJ5qfDCiVOEiaCC72gCLcBGAsYHQ/w640-h368/image.png
https://1.bp.blogspot.com/-NKVupWgHRhM/YZognyRb0hI/AAAAAAAAAN8/z33Xo4fp6VcF2bbAJ5qfDCiVOEiaCC72gCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h368/image.png
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/11/situasi-politik-ke-depan-hariman.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/11/situasi-politik-ke-depan-hariman.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy