Aparat Turki Bongkar Jaringan Perdagangan Organ Manusia Lintas Negara


ANKARA - Jaringan perdagangan organ internasional yang dipimpin oleh warga Yordania dan Palestina di Istanbul telah dibongkar oleh pihak berwenang Turki . Sepuluh orang, empat pemimpin kelompok dan enam orang yang akan menjual organ mereka atau mendapatkan transplantasi, ditangkap dan empat segera dipenjara.

Seperti dilaporkan Arab News, Minggu (12/12/2021), jaringan tersebut menjalankan bisnis menggunakan dokumen palsu di sebuah rumah sakit di Beylikduzu, di sisi Eropa Istanbul, dengan imbalan USD50.000 per kasus.

Kasus ini terungkap ketika dokter Turki melaporkan ke departemen kepolisian yang memerangi penyelundupan migran, bahwa pasien dan donor organ tampaknya bukan saudara dan memiliki komunikasi yang sangat buruk. Pihak berwenang beralih ke Konsulat Palestina, yang membantah telah memberikan dokumen kekerabatan seperti itu kepada orang-orang yang ditangkap.

Polisi Turki mengungkap jaringan tersebut dengan menyelidiki catatan rumah sakit dan memantau lokasi hotel di dekat rumah sakit tempat transplantasi organ ilegal dilakukan. Operasi tersebut melibatkan dua penggerebekan di hotel tersebut.

Pemimpinnya, Hasan B., menemukan donor dan penerima organ melalui koneksi media sosial. Pelaku lainnya, Hasan Abu Z., menyambut orang-orang ke Turki dan memperkenalkan penerima organ kepada dokter, Ali Y.M., dengan bantuan seorang perantara, Ahmad M. Kini, empat anggota jaringan ini telah ditangkap.

Jaringan menamakan perdagangan ilegal mereka "Layanan VIP dari hotel ke rumah sakit," mengincar klien dari negara-negara Arab sambil mencari orang yang bisa menjual organ mereka. Golongan darah orang yang membutuhkan ginjal juga diekspos di postingan media sosial. Jaringan tersebut memalsukan akta kekerabatan dan akta kelahiran agar terlihat seolah-olah berasal dari konsulat asing.

Uang dan dokumen palsu disita selama operasi. Polisi mengungkapkan, USD10.000 diberikan kepada donor organ dan USD15.000 ke rumah sakit swasta. Jaringan tersebut menghasilkan USD25.000 untuk setiap kasus.

Enam orang yang ditahan oleh jaringan di sebuah hotel di Istanbul dibebaskan dengan syarat kontrol yudisial. Para pasien adalah warga negara Yordania dan Palestina.

Perdagangan organ yang tidak diatur dan transplantasi ilegal telah menunjukkan tren yang mengejutkan di wilayah tersebut untuk sementara waktu. Tahun lalu, beberapa pengungsi Suriah ditemukan menjual organ mereka di pasar gelap karena putus asa untuk bertahan hidup secara finansial.

Platform media sosial, terutama Facebook, digunakan secara luas oleh pialang organ untuk operasi ilegal yang menawarkan uang kepada pengungsi yang putus asa yang akan menjual hati atau ginjal mereka. Namun, para pendonor hanya dibayar setengah dari harga yang disepakati dan biasanya dibiarkan begitu saja setelah operasi.(mr/snd)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Aparat Turki Bongkar Jaringan Perdagangan Organ Manusia Lintas Negara
Aparat Turki Bongkar Jaringan Perdagangan Organ Manusia Lintas Negara
https://lh3.googleusercontent.com/-SG47NiC0Xtc/YbXSH_P-MqI/AAAAAAAAtsk/ctcYH_-LNFgheXv2QiG20qFiNbKp61FeQCNcBGAsYHQ/s1600/1639305756381917-0.png
https://lh3.googleusercontent.com/-SG47NiC0Xtc/YbXSH_P-MqI/AAAAAAAAtsk/ctcYH_-LNFgheXv2QiG20qFiNbKp61FeQCNcBGAsYHQ/s72-c/1639305756381917-0.png
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/12/aparat-turki-bongkar-jaringan.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/12/aparat-turki-bongkar-jaringan.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy