Masyarakat : Kepemimpinan Jokowi makin redup, suram dan layu. Marak bencana, Alam tolak kepemimpinan jokowi?

KONFRONTASI- Menurut para sesepuh Jawa, Bencana alam dan malapetaka silih berganti merupakan isyarat pada istana Jokowi bahwa alam semesta nusantara dan seisinya sebenarnya sudah menolak/emoh pada kepemimpinan Jokowi-Maruf karena tidak amanah dan gagal mewujudkan maslahat rakyat. Kezaliman, ketidakadilan dan keserakahan Oligarki era Jokowi  meluas membuat rakyat sengsara. Kepemimpinan Jokowi makin redup, suram dan layu. Harusnya  Jokowi mundur untuk madeg pandito dan kepemimpinan baru diharapkan muncul untuk menggantikan rezim revolusi mental yang gagal, tidak adil dan penuh  korupsi ini. Masalahnya, maukah Jokowi mundur?

Masyarakat Jawa melihat Letusan Gunung Semeru, banjir Sintang Kalimantan dan Batu Malang, gempa NTT/NTB, longsor  dan sejenisnya terus melanda Indonesia sebagai sinyal ayat-ayat alam semesta (Qauniyah) bahwa alam semesta Nusantara dan seisinya sudah tidak menghendaki lagi kepemimpinan Jokowi yang tidak amanah, tidak adil dan tidak jujur. Himbauan, desakan  atau bujukan agar Jokowi mundur itu lebih baik karena masyarakat menilai jokowi tidak kompeten dan kosong mlompong pikirannnya. Dalam kaitan ini, malah  ekonomi Nusantara meluruh, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, misalnya sudah  mengungkapkan fakta mengejutkan terkait Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dimana, sebanyak 68% dari BUMN khususnya penerima suntikan modal, bisa bangkrut. Ini juga tanda-tanda zaman.

 Demikian pandangan peneliti F. Reinhard MA yang mengkaji kosmologi orang Jawa dan budaya Jawa yang disampaikannya pada Forum Kebangsaan, kemarin. ''Mundur itu bagi Jokowi justru  langkah bijaksana dan terhormat, kata banyak orang Jawa, bukan malah nambah periode kuasa jadi tiga periode. Kita hormat/eman pada Jokowi maka menyampaikan pesan tanda tanda alam dalam kosmologi Jawa ini,'' demikian Reinhard,   Dalam beberapa waktu terakhir, bencana alam datang silih berganti. Banjir, gempa bumi, gunung meletus, dan sebagainya. 

Dalam forum terbatas itu, Fathor Reinhard menilai, masyarakat Jawa tetap kritis pada pemerintah meski tidak hiruk pikuk, namun diartikulasikan dengan tenang dan prihatin atas petaka, bencana alam dan pandemi yang terus terjadi. ‘’Adakah istana Jokowi menyadari tanda tanda alam sebagai tanda tanda zaman ini?’’ ujar Reinhard. 

Dari sisi urusan duniawi dan demokrasi, di era Jokowi perkembangan demokrasi di Indonesia mendapat predikat buruk yang tercermin dari berbagai peringkat indeks demokrasi global. The Economist misalnya mencatat terjadi kualitas demokrasi terburuk dalam 14 tahun terakhir. Indeks demokrasi domestik juga menyuarakan hal sama yakni kebebasan sipil dan berekspresi yang rendah, tekanan terhadap aspirasi masyarakat, intimidasi ketika berbeda pendapat yang lalu dilaporkan ke aparat berwajib. Hal itu diungkapkan oleh DirekturLP3ES Fajar Nursahid, dalam diskusi Twitter Space Forum Ekonomi Politik Didik J Rachbini bertajuk Catatan Akhir Tahun 2021 Bidang Politik, Media dan Demokrasi, pada Minggu (12/12).

Direktur Pusat Media dan Demokrasi, LP3ES Wijayanto mengatakan secara umum, kondisi demokrasi di tahun 2021 masih sama dibandingkan sebelumnya bahkan makin parah menuju kemunduran demokrasi dan putar balik ke arah otoriterisme.

 Ada empat indikator yang menjadi ciri kematian demokrasi sebagai diteorikan oleh dua orang professor Harvard (Daniel Ziblatt  dan Steven Levistky, 2018) antara lain:

 Pertama, diabaikannya aturan main demokratis. “Wacana presiden 3 periode masih hidup dan dipertahankan hingga hari ini. Ia merefleksikan hasrat untuk mengingkari aturan main demokratis. Lalu alotnya penentuan tanggal pemilu karena diintervensi untuk tarik ulur kepentingan status quoa dan bukan berdasarkan pertimbangan feasibilitas pemilu,” kata Wijayanto.

 

Kedua, absen atau diberangusnya lawan politik (oposisi). Hal ini tampak misalnya dengan KLB partai demokrat yang merupakan rekayasa politik dari kekuatan dalam lingkaran istana yang kemudian dianulir sendiri oleh Menteri hukum dan HAM setelah ada protes kuat dari masyarakat sipil.

 

Ketiga, toleransi atau anjuran untuk penggunaan kekerasan. YLBHI mencatat terjadi banyak peristiwa kekerasan dalam pembebasan lahan dalam berbagai proyek pembangunan infrastruktur.

 

Keempat, diberangusnya kebebasan sipil termasuk media. Hal ini tampak jelas pada kebangkitan otoriterisme digital yang semakin nyata hari-hari ini. Otoriterisme digital didefisinikan sebagai penggunaan teknologi digital untuk mengawasi, merepresi dan memanipulasi warga negara (Scott, 2021).

 

Menurut Wijayanto, kebangkitan otoriterisme digital ditandai oleh berbagai trend antara lain, pertama adalah kriminalisasi warga negara, jurnalis dan aktivis dengan menggunakan pasal karet dalam berbagai produk perundangan. Trendnya meningkat dari 36 kasus pada 2014, menjadi 30 kasus pada 2015, lalu 83 kasus pada 2016, ada 56 kasus 2017, 25 dan 24 kasus pada 2018 dan 2019, lalu naik pesat pada 2020 menjadi 84 kasus.

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Masyarakat : Kepemimpinan Jokowi makin redup, suram dan layu. Marak bencana, Alam tolak kepemimpinan jokowi?
Masyarakat : Kepemimpinan Jokowi makin redup, suram dan layu. Marak bencana, Alam tolak kepemimpinan jokowi?
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhdU4i3V8Kxt3wMAYq-SKkzR_oe0S8Q8oba8LBWhe58plj0ZyrvbPW_Z9yyRmVsnhVBUVU1aEyu0HUS6sU8Adhmt4L59XRFtE86FSb29HYELEQNtDtckhCwxqAV86aA33A5sx1FkWnwvK1CFWVgG9TmxJPyYKG8qjc47ckn2bXuhncvK0V0iSruthU1IQ=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhdU4i3V8Kxt3wMAYq-SKkzR_oe0S8Q8oba8LBWhe58plj0ZyrvbPW_Z9yyRmVsnhVBUVU1aEyu0HUS6sU8Adhmt4L59XRFtE86FSb29HYELEQNtDtckhCwxqAV86aA33A5sx1FkWnwvK1CFWVgG9TmxJPyYKG8qjc47ckn2bXuhncvK0V0iSruthU1IQ=s72-c
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/12/masyarakat-bencana-alam-dan-malapetaka.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/12/masyarakat-bencana-alam-dan-malapetaka.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy