Mengenang Riccardo Ehrman, Jurnalis yang 'Meruntuhkan' Tembok Berlin



ROMA - Jurnalis Italia Riccardo Ehrman meninggal dunia pada usia 92 tahun. Ehrman akan selalu dikenang karena mengajukan pertanyaan-pertanyaan menentukan yang menyebabkan Jerman Timur, yang menganut paham komunis, membuka Tembok Berlin.

Ehrman-lah yang pada tahun 1989 mendorong juru bicara pemerintah Jerman Timur kala itu Gunter Schabowski untuk menjelaskan bahwa perjalanan pribadi akan diizinkan di luar Jerman Timur.

Dan ketika ditekan kapan itu akan terjadi, Schabowski akhirnya mengumumkan "sekarang juga, segera". Dalam hitungan beberapa jam tembok yang memisahkan Jerman Timur dan Barat itu pun runtuh.

Riccardo Ehrman bekerja untuk kantor berita Italia, ANSA, ketika Jerman Timur bangkit melawan pemerintahan komunis mereka yang runtuh.

Selama berminggu-minggu, pengunjuk rasa di Leipzig turun ke jalan menuntut hak kebebasan berbicara dan perjalanan tanpa batas.

Pemimpin komunis Jerman Timur saat itu, Erich Honecker, telah mundur bulan sebelumnya dan pada 4 November Berlin Timur menyaksikan lebih dari setengah juta orang berduyun-duyun ke alun-alun pusat Alexanderplatz menuntut reformasi.

Para pemimpin Jerman Timur menanggapi dengan rancangan rencana untuk melonggarkan kontrol perbatasan. Rinciannya akan diberikan pada konferensi pers 9 November yang menampilkan hasil pertemuan partai komunis Jerman Timur yang berkuasa.

Schabowski belum diberitahu tentang rencana tersebut dan sampai saat itu tidak menyebutkannya. Ehrman-lah yang mengangkatnya.

"Anda menyebutkan kesalahan," katanya. "Tidakkah menurut Anda adalah kesalahan besar untuk memperkenalkan rancangan undang-undang perjalanan yang Anda umumkan beberapa hari yang lalu ini?" sambungnya.

Setelah mengotak-atik catatannya selama beberapa waktu, Schabowski menjawab dengan ragu sebelum mengumumkan: "Perjalanan pribadi ke luar negeri sekarang dapat diajukan tanpa prasyarat."

Perubahan itu seharusnya datang dalam semalam, tetapi ketika ditekan dia mengatakan kebijakan itu akan segera berlaku.

Ehrman mengatakan bertahun-tahun kemudian dia langsung mengerti apa yang akan dilakukan kata-kata Schabowski dan mengirim pesan mendesak ke markas ANSA di Roma: "Tembok itu hilang."

Berita menyebar dengan cepat dan ribuan orang Jerman Timur berbondong-bondong ke Tembok Berlin, mengejutkan penjaga perbatasan yang membuka pos pemeriksaan untuk mengizinkan orang lewat.

Istri Ehrman memberi tahu kantor berita ANSA pada hari Selasa bahwa dia telah meninggal di Madrid, kota tempat dia terakhir bekerja sebelum pensiun.

Mengumumkan berita di media sosial, ANSA mengatakan: "Selamat tinggal Riccardo Ehrman, yang meruntuhkan Tembok Berlin," seperti dilansir dari BBC, Rabu (15/12/2021).

ANSA mengatakan Ehrman telah bekerja di Berlin Timur pada pertengahan 1970-an dan kembali dari penempatan di India pada 1985.

Berasal dari Polandia-Yahudi, ia lahir di Florence pada 4 November 1929. Ketika berusia 13 tahun, ia dikirim ke kamp interniran bagi orang-orang Yahudi yang didirikan oleh diktator Benito Mussolini di Ferramonti di Italia selatan.

Menurut Rai TV dia secara teratur diwawancarai oleh media Italia dan Jerman tentang momennya di jantung sejarah Eropa itu.(mr/snd)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Mengenang Riccardo Ehrman, Jurnalis yang 'Meruntuhkan' Tembok Berlin
Mengenang Riccardo Ehrman, Jurnalis yang 'Meruntuhkan' Tembok Berlin
https://lh3.googleusercontent.com/-cqQtkoHxuZk/YbpEAexqTSI/AAAAAAAAPvY/eoitbvYD-tsOJoGRQhEnW-AAecQb4N-RQCNcBGAsYHQ/s1600/IMG_ORG_1639596994743.jpeg
https://lh3.googleusercontent.com/-cqQtkoHxuZk/YbpEAexqTSI/AAAAAAAAPvY/eoitbvYD-tsOJoGRQhEnW-AAecQb4N-RQCNcBGAsYHQ/s72-c/IMG_ORG_1639596994743.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/12/mengenang-riccardo-ehrman-jurnalis-yang.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/12/mengenang-riccardo-ehrman-jurnalis-yang.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy