Bingungologi Perang Saudara

Baca juga:


AKIBAT perang saudara, peta geopolitik makin membingungkan! Tidak jelas siapa-teman-siapa atau siapa musuh siapa dan kenapa harus begitu. Apalagi setelah Trump membunuh jenderal Iran dan petinggi militer Irak di kawasan bandara Baghdad suasana makin kacau balau.

Sang jenderal Iran yang dibunuh Trump yang benci ISIS adalah pahlawan pembasmi ISIS, maka dipuja para pembenci ISIS yang dibenci ISIS. Pesawat terbang sipil Ukraina ditembak jatuh oleh Iran yang menimbulkan protes keras justru rakyat Iran.

Turki, Suriah, dan Libya

Konon Turki mengerahkan pasukan pemberontak Suriah plus serdadu Turki  yang tergabung di Divisi Sultan Murad ke Libya untuk melawan pasukan Khalifa Haftar.

Sumber-sumber dari kaum oposi Suriah menyatakan bahwa sebelumnya brigade Suqour al-Sham yang sengaja didirikan untuk merongrong pemerintah Suriah telah terlebih dahulu mengirimkan pasukannya untuk bergabung dengan Divisi Sultan Murad yang akan diberangkatkan oleh pemerintah Turki ke Tripoli.

Sang pimpinan pemberontak yang dekat dengan Ankara, Fylaq al-Sham menyatakan bahwa Angkatan Bersenjata yang bermarkas di Tripoli telah mengirimkan senjata dan perwira Libya ke laskar pemberontak Suriah pada tahun 2011.

Pada tahun 2014, Faylaq al-Sham balas budi dengan mengirimkan para penasehat militer untuk Angkatan Bersenjata Tripoli melawan Angkatan Bersenjata Benghazi.

Namun, Pemerintah Oposisi Interim Suriah membantah mereka akan mengirim pasukan menyerbu Libya, sebab tugas utama Tentara Nasional Suriah adalah melindungi rakyat Suriah dari ancaman militer rezim pemerintah Assad yang didukung oleh Rusia dan Iran.

Memang Libya dan Suriah terlibat ke dalam konflik terbuka sejak tahun 2011 akibat pemberontakan terhadap Muammar Gaddafi di Libya dan Bashar Al-Assad di Suriah.

Militer yang didukung NATO berhasil menggulingkan Gaddafi meski kemudian kekacau-balauan Libya terus berlanjut akibat Libyan National Army di bawah pimpinan Gaftar bertempur melawan tentara Government of National Accord yang bermarkas di Tripoli.

Sementara di Suriah, Assad yang didukung Rusia dan Iran berhasil memukul mundur pasukan pemberontak yang didukung Turki sampai ke sudut Timur Laut Suriah.

Kelompok pemberontak yang didukung Turki bertahan di provinsi Allepo dan sampai kini masih bertempur melawan angkatan bersenjata bukan Suriah tetapi malah Kurdistan.

Militer pro Assad melakukan serangan sengit ke banteng terakhir kaum pemberontak di provinsi Idlib sehingga lebih dari 230.000 warga Idlib terpaksa meninggalkan kampung halaman mereka.

Kurdistan, Sudan, Rusia, dan Kanada

Banyak tentara yang akan dikirim oleh Turki ke Libia dicurigai Amnesty International sebagai para pelanggar HAM yang telah melakukan kejahatan perang terhadap warga Kurdistan.

PBB meyakini bahwa para pemberontak Suriah bertanggung jawab atas pembunuhan terhadap politikus Kurdistan beserta beberapa warga sipil Kurdistan.

PBB bahkan melaporkan bahwa seribu serdadu telah dikirim oleh militia Sudan Rapid Support Forces yang pernah bertempur bagi koalisi Arab Saudi di Yemen untuk mendukung Haftar di Libia juga di kawasan perbatasan Libya Selatan diidentifikasi kehadiran kelompok bersenjata dari Chad dan Darfur.

PBB sedang meneliti keterlibatan perusahaan Kanada, Dickens & Madon di dalam kemelut perang saudara Libia sebab perusahaan Kanada menandatangani kontrak kerja sama dengan pimpinan paramiliter Libia, Hohammed Hamdan Dagolo.

Sementara Erdogan membenarkan intervensi Turki ke Libya dengan dalih bahwa pasukan Haftar didukung perusahaan swasta militer Grup Wagner yang bermabes nun jauh di Kremlin, Moscow, Rusia yang pernah aktif di perang saudara nun jauh di Sudan dan Republik Afrika Tengah  sebagai penasehat militer pribadi presiden Faustin-Archane Touadera.

Bingungologi

Apabila  Anda merasa bingung membaca naskah ini maka saya tidak malu mengakui bahwa saya malah lebih sangat bingung banget ketika menulis naskah tentang kemelut prahara perang saudara di Timur Tengah, pesisir Afrika Utara dan Asia Barat yang melibatkan Libya, Yemen, Sudan, Irak Turki, Rusia, Iran, Kurdistan, Amerika Serikat, Inggris, Kanada dan lain-lainnya yang bisa saling berteman, namun mendadak bisa saling bermusuhan lalu berteman lagi untuk bermusuhan lagi  dan seterusnya dan selanjutnya. Termasuk agak berteman dan agak bermusuhan kini tampil sebagai jargon politik kontemporer.

Namun sebuah kesimpulan dapat ditarik dari kemelut bingungologi perang saudara yaitu jangan sampai perang saudara terjadi di persada Nusantara kita tercinta ini.

Lebih menyedihkan lagi apabila penyebabnya ternyata sekadar angkara murka hawa nafsu kerakusan belaka. Akibat kerakusan segelintir manusia yang sedang kesurupan iblis , jangan sampai rakyat jelata yang sama sekali tidak berdosa menikmati hasil kerakusan malah dikorbankan.
_______________________

Oleh: Jaya Suprana, pembelajar peta geopolitik dunia masa kini

(mr/rmol)

COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,377,FOKUS,172,GLOBAL,527,HIBURAN,4,IPTEK,290,KHAZANAH,120,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,416,OLAHRAGA,312,OPINI,83,OTOMOTIF,53,POLHUKAM,519,RAGAM,505,SELEBRITA,215,
ltr
item
Konfrontasi: Bingungologi Perang Saudara
Bingungologi Perang Saudara
https://lh3.googleusercontent.com/-NeeWVcfHyag/XjRSiE-iEfI/AAAAAAAAMc4/qrrDVUHEwsc_UplABrzXJ1-uJTdk6ezOACLcBGAsYHQ/s1600/IMG_ORG_1580487281827.jpeg
https://lh3.googleusercontent.com/-NeeWVcfHyag/XjRSiE-iEfI/AAAAAAAAMc4/qrrDVUHEwsc_UplABrzXJ1-uJTdk6ezOACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_ORG_1580487281827.jpeg
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2020/01/bingungologi-perang-saudara.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/01/bingungologi-perang-saudara.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy