Dituding Sebar Fitnah, Taiwan Tuntut Dirjen WHO Minta Maaf



TEIPEI-Pemerintah Taiwan menuntut Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia ( WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, untuk meminta maaf.

Penyebabnya, Tedros meluncurkan tuduhan bahwa Taiwan sudah melancarkan serangan personal terhadap dia dan organisasinya selama wabah virus corona.

Dalam konferensi pers Rabu (8/4/2020), Tedros menyerukan adanya persatuan setelah Presiden AS Donald Trump mengkritik dan mengancam memotong dana WHO.

Setelah itu sepanjang jumpa pers, dia mengklaim pelecehan, termasuk penghinaan rasialis, dia terima sejak virus corona merebak.

Tedros berusaha menghindari penyebutan nama Trump. Tetapi dia mengklaim bahwa penghinaan yang dia terima berasal dari Taiwan.

"Tiga bulan lalu, serangan ini datang dari Taiwan," kata Tedros kepada awak media di Jenewa, menyebut kritikan dan penghinaan daring.

Dikutip AFP Kamis (9/4/2020), dia menyebut serangan itu sebenarnya diketahui oleh kementerian luar negeri. Tetapi mereka menjaga jarak.

"Mereka bahkan mulai melancarkan kritik di tengah segala penghinaan yang saya terima. Tetapi saya tidak terima," ujar Tedros.

Tak pelak, komentar Tedros itu langsung memantik kemarahan dari negara yang berbatasan dengan China, di mana mereka menuding ucapan itu "tak berdasar".

"Negara kami tak pernah mendukung serangan personal kepada dia, atau membuat komentar diskriminatif," kata juru bicara kemenlu, Joanne Ou.

Karena itu, Ou menyatakan bahwa kementerian meminta agar pejabat asal Etiopia tersebut meminta maaf karena komentarnya sudah "memfitnah".

Dalam unggahannya di Facebook, Presiden Tsai Ing-wen mengundang Tedros untuk melihat cara mereka dalam menanggulangi virus corona.

Di kesempatan tersebut, Tsai juga menantang Direktur Jenderal WHO yang menjabat sejak 2017 itu untuk "menentang tekanan dari China".

"Kami diblokir dari organisasi internasional selama bertahun-tahun. Kami tahu bagaimana rasanya didiskriminasi dan terisolasi," kata dia.

Relasi yang memburuk
Relasi antara Taipei dengan WHO memburuk sejak wabah merebak, bahkan ketika pakar memuji negara itu atas kesigapan mereka.

Sejauh ini, mereka mengonfirmasi 380 kasus Covid-19 dan lima kematian meski dekat secara geografis dan terlibat perdagangan dengan Negeri "Panda".

Dalam pertemuan tahunan WHO, biasanya Taiwan akan mendapatkan status sebagai peninjau. Tetapi tekanan Beijing membuat mereka tersisihkan.

Tak hanya dari WHO, tekanan diplomatik Negeri "Panda" juga membuat Taipei tersisih dari badan PBB yang mengurusi penerbangan, atau ICAO.

Beijing masih menganggap Taiwan sebagai wilayah mereka yang terpisahkan, dan harus disatukan secepat mungkin. Bahkan harus menggunakan kekerasan.

Upaya tekanan mereka makin meningkat setelah Tsai, yang dikenal sebagai penentang paham "satu China", terpilih pada 2016.(mr/kcm)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Dituding Sebar Fitnah, Taiwan Tuntut Dirjen WHO Minta Maaf
Dituding Sebar Fitnah, Taiwan Tuntut Dirjen WHO Minta Maaf
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiqDworVfS8XxZF7AWQWyK-BqU4MuZvS4HzVLCTiclhA_YR5N4FuvSdEeW9cigFzTOLHmEBiGmnylvzcdRmow1hcRCPqn6SlLMS-2f8oGFQfSJKsM2J35uubgzWNv_cdAINnNUxYcqL4-k/s1600/IMG_ORG_1586421555473.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiqDworVfS8XxZF7AWQWyK-BqU4MuZvS4HzVLCTiclhA_YR5N4FuvSdEeW9cigFzTOLHmEBiGmnylvzcdRmow1hcRCPqn6SlLMS-2f8oGFQfSJKsM2J35uubgzWNv_cdAINnNUxYcqL4-k/s72-c/IMG_ORG_1586421555473.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/04/dituding-sebar-fitnah-taiwan-tuntut.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/dituding-sebar-fitnah-taiwan-tuntut.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy