Memahami Makna Tabligh

KONFRONTASI-Tabligh berasal dari akar kata ballaga-yuballigu-tabligan. Artinya, 'menyampaikan.' Secara istilah, tabligh berarti "menyampaikan ajaran-ajaran Islam yang diterima dari Allah SWT kepada umat manusia." Ajaran itu dijadikan pedoman dan dilaksanakan agar manusia memperoleh kebahagiaan dunia akhirat.

Isi pokok kegiatan tablig adalah amar ma'ruf nahi munkar. Artinya, memerintahkan kepada manusia agar mengerjakan perbuatan yang baik, serta mencegah mereka dari mengerjakan perbuatan yang keji. Intinya, mengajak mereka agar beriman kepada Allah SWT.

Orang yang bertabligh disebut sebagai mubaligh (pria) atau mubaligah (wanita). Kata lain yang lebih populer adalah dakwah dan pelakunya disebut dai.

Mula-mula, tabligh dilakukan Rasulullah Muhammad SAW sendiri. Kemudian, para sahabat yang termasuk as-Sabiqunal al-Awwalun (pemeluk Islam pertama) pun turut melakukannya. Akhirnya, tabligh menjadi kewajiban setiap Muslim sesuai kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki.

Kata tabligh dalam Alquran disebutkan dalam bentuk kata kerja (fi'il) sekurang-kurangnya 10 kali. Yakni pada surah al-Maaidah ayat 67; surah al-Azhab ayat 62, 68; surah al-Ahqaf ayat 23; surah al-Jin ayat 28; surah Al-A'raf ayat 79, 92; dan surah Hud ayat 57.

Dasar kegiatan tablig adalah perintah Allah SWT dalam Alquran. Misalnya, surah al-Maidah ayat 67, yang artinya, "Hai Rasul, sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu. Dan jika tidak kamu kerjakan ( apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan amanat-Nya. Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir."

Untuk seterusnya, tabligh menjadi tanggung jawab setiap Muslim. Ini sejalan dengan perintah Rasulullah SAW dalam hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari, at-Tirmizi dan Ahmad dari Ibnu Amr. Yakni, "Sampaikan (tabligh)-lah olehmu apa yang kalian peroleh dari aku meski hanya satu ayat."

Bagaimanapun, tabligh hanyalah menyampaikan ajaran. Ini tidak berarti memaksakan kepercayaan. Sebab, pada akhirnya Allah SWT-lah yang memberikan petunjuk kepada manusia untuk beriman.

Allah SWT berfirman, yang artinya, "Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang dikendaki-Nya dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang meu menerima petunjuk" (QS Al Qashash: 56).

Metode tablig secara garis besar ditunjukkan dalam Alquran surat an-Nahl ayat 125 yang artinya: "Serulah (manusia) kepada jalan Tuhamu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk."
[mr/rol]

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Memahami Makna Tabligh
Memahami Makna Tabligh
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgtNy7JkDg7PnuPsYT4aJy_GAErKSRctnPurCbzZAh8Iep5LxAzoffb1yI2HRafVQvvkxBfKD-4WXZJYTZEK4jPfqsKpS1iIjGMxn28m0frPYKuuiRvKaKwQGbYSJQeL-ngZAit-90Jyyc/s640/Screenshot_042220_042718_AM.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgtNy7JkDg7PnuPsYT4aJy_GAErKSRctnPurCbzZAh8Iep5LxAzoffb1yI2HRafVQvvkxBfKD-4WXZJYTZEK4jPfqsKpS1iIjGMxn28m0frPYKuuiRvKaKwQGbYSJQeL-ngZAit-90Jyyc/s72-c/Screenshot_042220_042718_AM.jpg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/04/memahami-makna-tabligh.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/memahami-makna-tabligh.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy