Pahami Aturan Pakai Masker yang Aman untuk Anak



JAKARTA-Anak-anak bisa mengalami infeksi virus corona baru, Covid-19, dan menyebarkannya seperti orang dewasa menurut Centers for Disease Control and Prevention atau CDC, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat.

Jarak sosial atau social distancing adalah cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus corona. Tetapi jika anak Anda berada di trotoar yang ramai, atau harus menemani Anda ke toko kelontong, CDC merekomendasikan mereka mengenakan masker atau penutup – terutama untuk anak berusia di atas dua tahun.

Anak-anak yang lebih kecil memiliki risiko mati lemas yang lebih tinggi dengan masker, dan sebaiknya tidak mengenakannya. Jika anak Anda pergi ke luar, inilah cara Anda dapat melindungi mereka dan membantu mencegah penyebaran virus corona.

"Kami sampai pada titik bahwa kami ingin semua orang memakai masker ketika pergi ke luar, terutama jika mereka akan berada dalam pengaturan yang tidak boleh lebih dari dua meter terpisah dari yang lain," kata Roberto Posada, MD, seorang dokter anak dokter penyakit menular di Mount Sinai, seperti dilansir dari laman Insider.

Hal tersebut karena virus corona menyebar terutama melalui droplet pernapasan ketika batuk atau bersin, atau hanya dari berbicara dengan seseorang. Jika mulut dan hidung Anda tertutup, bisa mencegah droplet ini mendarat pada orang lain - atau droplet orang lain memasuki mulut atau hidung Anda sendiri.

Anak-anak di bawah usia dua tahun tidak boleh memakai masker karena ada risiko lebih tinggi tersedak, tercekik, dan mati lemas. "Lebih sulit bernafas melalui masker, terutama bagi anak-anak kecil yang memiliki sedikit saluran udara," kata Judy Schaechter, MD, ketua Departemen Pediatrik University of Miami Health System.

Jika anak Anda berusia di bawah dua tahun, ada sedikit alasan untuk mendekatkan mereka dengan orang lain dan mengabaikan social distancing. Faktanya, sebuah penelitian terhadap 2.500 anak-anak dengan COVID-19 menemukan bahwa bayi lebih mungkin dirawat di rumah sakit daripada anak-anak lain - kemungkinan karena sistem kekebalan mereka belum sepenuhnya berkembang.

Namun, jika Anda tidak dapat meninggalkan bayi di rumah, Rumah Sakit Anak Nationwide merekomendasikan untuk menutupi gendongan bayi, seperti kereta dorong atau gendongan bayi dengan selimut.

Selimut dapat memberikan perlindungan dari patogen potensial sambil membiarkan bayi bernapas dengan nyaman. Meski begitu, orang tua yang harus pergi ke publik dengan anak-anak harus menjaga perjalanan mereka sesingkat mungkin dan menjaga jarak sosial sejauh enam kaki.

Sedangkan masker yang harus digunakan anak-anak, CDC merekomendasikan masker kain untuk anak-anak di atas usia dua tahun, yang dapat Anda buat di rumah, dan bahkan mungkin kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama anak-anak Anda.

Schaechter mengatakan respirator N95 atau masker bedah tidak diperlukan karena mereka adalah persediaan kritis yang perlu disediakan untuk petugas kesehatan. Posada juga mengatakan bahwa N95 tidak terlalu berguna karena dirancang agar sesuai dengan orang dewasa dan bukan anak-anak.

Meskipun ada beberapa perselisihan antara CDC dan Organisasi Kesehatan Dunia tentang apakah kita harus mengenakan masker, Posada tetap merekomendasikan hal itu, selama Anda mengikuti praktik terbaik untuk penggunaan masker. "Idealnya, masker baru setiap hari atau setiap kali mereka harus pergi," kata Posada. "Jika orang menggunakan masker kain atau bandana, cucilah setiap hari - pasti jika mereka berada di lingkungan di mana mereka sangat dekat dengan orang lain."

Untuk mendorong seorang anak untuk mengenakan masker, Posada mengingatkan agar dapat menemukan cara-cara kreatif untuk membujuk anak-anak. "Jadikan itu permainan," katanya. "Atau semacam pahlawan super. Itu bisa membantu."

Pastikan saja bahwa itu tidak mengarah pada kemungkinan kontaminasi yang lebih tinggi. Seperti halnya orang dewasa, anak-anak terus-menerus menyentuh wajah mereka. "Masker mungkin merangsang mereka untuk melakukan hal itu lebih banyak lagi, yang tidak akan memberikan perlindungan, tetapi justru dapat meningkatkan risiko infeksi pada hidung, mulut, dan mata," kata Schaechter.

Secara keseluruhan, tempat teraman untuk semua orang - terutama anak-anak kecil - selama pandemi corona adalah rumah Anda sendiri, tempat Anda jauh secara sosial, dan tidak memerlukan masker.(mr/tmp)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Pahami Aturan Pakai Masker yang Aman untuk Anak
Pahami Aturan Pakai Masker yang Aman untuk Anak
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjSVhMgdGDZlHadPzuBpCOEE_CzU0-0QoHsRSzhuVDd0ZaYlQlbS5b-t5lt4BLmC3KOABCzTbOflGyf5kRfSYmAr_QKY5IIdyuLQ2TCGNdKqwPGIdiTBU14qeUiihvXQINLPYaOAU2qz4I/s1600/IMG_ORG_1586731861974.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjSVhMgdGDZlHadPzuBpCOEE_CzU0-0QoHsRSzhuVDd0ZaYlQlbS5b-t5lt4BLmC3KOABCzTbOflGyf5kRfSYmAr_QKY5IIdyuLQ2TCGNdKqwPGIdiTBU14qeUiihvXQINLPYaOAU2qz4I/s72-c/IMG_ORG_1586731861974.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/04/pahami-aturan-pakai-masker-yang-aman.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/pahami-aturan-pakai-masker-yang-aman.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy