Kepuasan atas Kinerja Jokowi Tangani Corona Menurun, Ini Respon Istana

JAKARTA-Survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia menyebutkan ada penurunan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo sebesar 66,5 persen, dibanding hasil surveinya bulan Februari lalu yang sebesar 69,5 persen.

Hal ini dikomentari pihak Istana melalui Tenaga Ahli Utama Kantir Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian. Ia mengatakan, penurunan kepuasaan terhadap langkah pemerintah dalam penanganan Covid-19 adalah hal yang wajar.

"Saya kira itu wajar, pasti ada penurunan. Dalam kondisi normal saja kepuasan itu bisa naik-turun, apalagi dalam kondisi seperti ini (Covid-19)," ujar Donny Gahral Adian saat dihubungi wartawan, Senin (8/6).

Meski begitu, penurunan yang dirilis lembaga survei menurut Donny tidak terlalu signifikan pengaruhnya. Sebab ia menyatakan pemerintah telah bekerja semaksimal mungkin menangani Covid-19.Termasuk meningkatkan kondisi perekonomian saat ini.

"Penurunan itu kan ekspektasi publik, ekonomi pasti akan baik. Tapi dalam kondisi seperti ini, tentu saja tidak mudah meningkatkan kondisi perekonomian. Tapi dilakukan pemerintah sudah maksimal mengingat pertumbuhan kita masih positif," klaimnya.

Lebih lanjut, Donny membeberkan sejumlah hal yang telah dikerjakan pemerintah selama masa Covid-19. Beberapa hal yang ia sebutkan antara lain mengenai Bansos yang belakngan dikritisi karena tidak tepat sasaran.

"Saya kira, Presiden sudah mengatakan bantuan sosial harus tepat sasaran. Tolong daerah, dibantu pusat, terus memperbaiki data, update supaya data itu menjadi basis pemberian bansos yang bisa dipertanggungjawabkan," sebut Donny.

"Ya itu (kritik) masukan bagus buat pemerintah untuk mereformasi sistem pendataan bansos. Sekarang sudah mulai ada perbaikan," sambungnya.

Kemudian mengenai ketidaksetujuan responden tentang anggaran untuk kartu prakerja, Donny menegaskan alokasi anggaran kartu prakerja hanya 28 persen untuk pelatihan.

Selain kritik Bansos, Donny juga meluruskan mengenai perbaikan sistem bantuan sosial, salah satunya adalah mengenai Program Kartu Prakerja.

"Kartu Prakerja saya kira akan terus diperbaiki sesuai dengan perkembangan di lapangan. Sekarang kan cuma 28 persen untuk pelatihan. Sisanya dalam bentuk bansos atau dana yang akan dikirimkan ke masing-masing penerima manfaat. Saya kira prakerja akan terus dijalankan dengan catatan dan perbaikan," pungkasnya.

Sebagai informasi, survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia bertajuk "Persepsi Publik Terhadap Penanganan Covid-19". Survei ini digelar dalam periode 16-18 Mei 2020, dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Adapun metode wawancara yang dilakukan melalui telepon dengan random sampling kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia.[MR/RM]   


COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Kepuasan atas Kinerja Jokowi Tangani Corona Menurun, Ini Respon Istana
Kepuasan atas Kinerja Jokowi Tangani Corona Menurun, Ini Respon Istana
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEier2tXq2clEA71i8NSW3jzw-JrFmXDILc5hw0eE5WZ5CuZRuByRIT9agzmkyebGq7Tld8NgXiNc2PoTHpgxsiGNgXFucc08t8Y4zsktQSbApuGoTphD1ZoX2h8lQohnISv_Wh1HXyLW18/s640/JOKOWI+PUSING.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEier2tXq2clEA71i8NSW3jzw-JrFmXDILc5hw0eE5WZ5CuZRuByRIT9agzmkyebGq7Tld8NgXiNc2PoTHpgxsiGNgXFucc08t8Y4zsktQSbApuGoTphD1ZoX2h8lQohnISv_Wh1HXyLW18/s72-c/JOKOWI+PUSING.jpg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/06/kepuasan-atas-kinerja-jokowi-tangani.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/06/kepuasan-atas-kinerja-jokowi-tangani.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy