Menohok, Eks Pejabat Kemenko Maritim Patahkan Fitnah JK Terhadap Rizal Ramli



JAKARTA-Mantan Tenaga Ahli Kementerian Koordinator Kemaritiman Maritim Bambang Susanto Priyohadi mengkritisi pernyataan Jusuf Kalla alias JK soal Rizal Ramli gagal menjadi menteri keuangan (Menkeu) di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) 2004-2009. 

Bambang mematahkan pernyataan JK yang juga wakil presiden di periode pertama pemerintahan SBY soal para pejabat eselon I Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menolak jika Rizal ditunjuk jadi Menkeu. 

Menurut Bambang, tidak masuk akal bila pejabat eselon I berani mempertaruhkan jabatan dengan menolak keinginan presiden. Terlebih lagi, menteri pilihan presiden itulah yang memimpin para eselon I. 

 "Jadi, saya pikir tidak mungkin mereka mau mempertaruhkan jabatan hanya karena tidak suka dengan figur menteri yang akan memimpin mereka. Lagi pula pemilihan menteri kan bukan urusan eselon satu," ujar Bambang melalui layanan pesan singkat kepada awak media, Jumat (13/11). 

Mantan birokrat senior itu menambahkan, pernyataan JK justru bernuansa fitnah saat menyinggung soal Rizal Ramli. Salah satunya ialah pernyataan mantan ketua umum Golkar itu soal Rizal tak memahami persoalan dan kerap melontarkan kata-kata yang kasar kepada bawahan. 

"Selama saya pernah bekerja dengan Rizal Ramli, saya tak pernah dengar memaki bawahannya dengan sebutan kebun binatang. Kalau bicara tegas dan keras memang iya," tutur Bambang.  

 Memang, Rizal hanya dua bulan menjabat Menkeu di era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Namun, Bambang menegaskan bahwa singkatnya masa kerja Rizal sebagai Menkeu tak ada kaitannya dengan kinerja. "Rizal Ramli ini sangat loyal terhadap Gus Dur. Setelah Gus Dur lengser, Rizal Ramli tak mau melanjutkan lagi sebagai Menkeu," ungkap dia.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, di era pemerintahan Gus Dur yang kurang dari dua tahun, Rizal menorehkan banyak prestasi. 

Menurutnya, hal itu bertolak belakang dengan tudingan JK yang memunculkan kesan seolah-olah Rizal yang dikenal sebagai pakar ekonomi tak memahami permasalahan. 

Bambang yang pernah menjadi anak buah Rizal di Kemenko Kemaritiman lantas membeber sejumlah prestasi mantan menteri koordinator ekonomi, keuangan dan industri (Menko Ekuin) di pemerintahan Gus Dur itu. Di antara prestasi Rizal ialah menaikkan gaji PNS dan pensiunan TNI/Polri hingga 125 persen. 

Selain itu, Rizal mampu megurangi utang Indonesia sebessar USD 3,5 miliar selama 2000-2001. Tidak cuma itu, perekonomian nasional di era Presiden Gus Dur tumbuh dari minus 3 persen menjadi 4,5 persen.

 "Jadi bagaimana tidak bisa memimpin, kinerjanya spektakuler begitu," beber Bambang.

 Yang juga patut dicatat ialah kiprah Rizal menyelamatkan Perusahaan Listrik Negara (PLN) dari kebangkrutan tanpa menyuntik uang, tetapi melalui revaluasi aset. Dengan begitu, modal PLN yang semula minus Rp 9 triliun melonjak menjadi surplus Rp 119,4 triliun. Oleh karena itu Bambang juga menepis pernyataan JK soal Rizal Ramli menjabat Menko Kemaritiman dalam waktu singkat lantaran tak bisa berkoordinasi dengan anak buah ataupun menteri-menteri di bawah koordinasinya. 

Menurut Bambang, yang jarang menghadiri rapat koordinasi di Kemenko Kemaritiman justru Sudirman Said selaku menteri ESDM.

 "Pertama yang harus diklarifikasi adalah masa jabatan RR sebagai Menko Mairitim kata Pak JK hanya sepuluh bulan. Nah, yang benar sebelas bulan. Kedua, Pak JK bilang RR tak bisa berkordinasi dengan kementerian di bawahnya. Faktanya, yang tidak hadir di rapat hanya Menteri Sudirman Said, kancanya JK. Menteri Jonan, Susi (Menteri KKP Susi Pudjiastuti, red) dan Arief (Menteri Peariwisata Arief Yahya, red) rajin ikut rapat dan koordinasi dengan RR," tandas Bambang.(ast/jpnn)



COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Menohok, Eks Pejabat Kemenko Maritim Patahkan Fitnah JK Terhadap Rizal Ramli
Menohok, Eks Pejabat Kemenko Maritim Patahkan Fitnah JK Terhadap Rizal Ramli
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj4g0rfkeOkjBZCzlczhufNJlpSe6ToE2K3k_M-5tedPaL89I5BMS2s02_a33WRddB3_eQuBoPzeeZDZJUsjhcb8KZbFOTd_0w8cIkzg5b03g20mquX1VHsToTDr5n-oDfKxQoneUMc9jo/s1600/IMG_ORG_1605289956048.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj4g0rfkeOkjBZCzlczhufNJlpSe6ToE2K3k_M-5tedPaL89I5BMS2s02_a33WRddB3_eQuBoPzeeZDZJUsjhcb8KZbFOTd_0w8cIkzg5b03g20mquX1VHsToTDr5n-oDfKxQoneUMc9jo/s72-c/IMG_ORG_1605289956048.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/11/menohok-eks-pejabat-kemenko-maritim.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/11/menohok-eks-pejabat-kemenko-maritim.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy