Korut Paksa Warganya Beli Bahan Baku Permen untuk Ultah Kim Jong-un



PYONGYANG-Pemerintah daerah di Korea Utara (Korut) berlomba-lomba untuk membuat permen sebagai persiapan perayaan ulang tahun pemimpin mereka Kim Jong-un secara nasional pada Januari mendatang. Namun, mereka memaksa warganya yang kelaparan untuk membeli bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat permen.

Korut diketahui tengah berjuang dengan kekurangan pangan yang dikatakan hampir sama buruknya dengan kelaparan tahun 1990-an, proyek pembuatan kue nasional telah membuat penurunan besar dalam pasokan tepung dan gula, membuat harga berlipat ganda, dan menyalurkan uang dari orang-orang yang membutuhkannya untuk membeli makanan bagi diri mereka sendiri.

"Sejak kemarin, harga satu kilogram tepung melonjak dari USD2,40 (Rp34 ribu) menjadi USD6 (Rp86 ribu). Harga gula juga melonjak dari USD11,02 (Rp158 ribu) menjadi USD21,19 (Rp305 ribu)," kata seorang penduduk Unsan, provinsi Pyongan Selatan, sebelah utara ibu kota Pyongyang.

"Itu semua karena pemerintah pusat telah memerintahkan agar setiap provinsi harus memproduksi dan memasok permen sebagai hadiah untuk anak-anak dari Kim Jong-un untuk ulang tahunnya pada 8 Januari," kata sumber yang meminta anonimitas karena alasan keamanan seperti dilansir dari Radio Free Asia (RFA), Selasa (7/12/2021).

Pemberian permen kepada anak-anak pada atau sekitar hari ulang tahun pemimpin negara atau para pendahulunya telah menjadi tradisi lama di Korut, tepatnya sejak zaman kakek Kim, pendiri negara itu Kim Il-sung.

Pada awal pemerintahan Kim Jong-un, permen diberikan kepada ibu hamil dan siswa di tempat penitipan anak dan sekolah dasar pada 8 Januari. Namun sejak 2019, pemerintah memperluas hadiah permen untuk setiap anak di seluruh negeri, yang akan diterima pada 1 Januari.

"Jumlah impor tepung terigu dan gula yang beredar di pasar lokal sangat terbatas karena perdagangan perbatasan terhenti akibat pandemi virus Corona. Harga terigu dan gula akan terus naik hingga pabrik makanan selesai memproduksi manisan," ujar sumber dari Unsan.

Kehancuran ekonomi saat ini dan kekurangan pangan yang meluas disebabkan oleh penutupan perbatasan Korut dengan China dan penangguhan semua perdagangan dengan Beijing pada awal pandemi, hampir dua tahun lalu.

Minimnya impor pangan untuk menjembatani kesenjangan antara produksi dalam negeri dan permintaan membuat kelangkaan semakin terasa.

"Perbatasan yang ditutup juga mempersulit negara itu untuk mengumpulkan cukup gula untuk membuat permen, karena sebagian besar sebelum pandemi datang dari China," menurut sumber itu.

Dengan harga yang naik, beberapa pemerintah daerah memaksa masyarakat untuk membayar untuk membeli bahan-bahannya.

"Mulai hari ini, pabrik makanan di wilayah Uiju telah mulai memproduksi permen untuk hadiah ulang tahun Kim Jong-un," kata seorang penduduk di provinsi Pyongan Utara, di barat laut negara itu, kepada RFA.

"Untuk membeli bahan baku permen, pihak kabupaten secara langsung mengenakan pajak USD4,24 (Rp61 ribu) untuk setiap rumah tangga," kata sumber kedua, yang meminta identitasnya disembunyikan agar bisa berbicara secara bebas.

Menurut sumber kedua pemerintah daerah memiliki tenggat waktu untuk menyelesaikan permen pada 20 Desember, sehingga secara langsung telah mulai mengontrol distribusi semua tepung dan gula di distrik untuk mengamankan setiap bahan ke pabrik makanan mencukupi.

Akibatnya, tepung dan gula yang sampai ke pasar semakin sedikit.

"Mereka bahkan menuntut setiap rumah menyediakan satu butir telur untuk produksi gula-gula. Karena orang harus membeli telur untuk disumbangkan di pasar lokal, pasar kehabisan telur," kata sumber kedua.

"Warga marah karena pihak berwenang merampok kantong orang di saat seperti ini untuk membuat permen untuk anak-anak, yang diduga dari Kim Jong-un untuk ulang tahunnya," imbuhnya.

RFA pada Maret 2020 melaporkan bahwa perayaan, termasuk produksi hadiah permen, untuk ulang tahun kelahiran ayah Kim Jong-un dan pendahulunya Kim Jong Il, diperkecil pada Februari karena pandemi.

Namun, pada Maret 2020, seluruh negeri diperintahkan untuk berebut membuat permen yang cukup untuk merayakan ulang tahun kelahiran Kim Il-sung pada bulan April tahun itu.(mr/snd)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Korut Paksa Warganya Beli Bahan Baku Permen untuk Ultah Kim Jong-un
Korut Paksa Warganya Beli Bahan Baku Permen untuk Ultah Kim Jong-un
https://lh3.googleusercontent.com/-QtuL3EYnFiE/Ya9RHiA6xuI/AAAAAAAAPOA/OS1GSciUpE4naIu36qjtrA5HUnQCGYVHgCNcBGAsYHQ/s1600/IMG_ORG_1638879480806.jpeg
https://lh3.googleusercontent.com/-QtuL3EYnFiE/Ya9RHiA6xuI/AAAAAAAAPOA/OS1GSciUpE4naIu36qjtrA5HUnQCGYVHgCNcBGAsYHQ/s72-c/IMG_ORG_1638879480806.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/12/korut-paksa-warganya-beli-bahan-baku.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/12/korut-paksa-warganya-beli-bahan-baku.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy