Study: Liur Anjing Mengandung Beragam Patogen Jahat

LONDON - Kandungan air liur anjing ternyata membawa bakteri yang bisa menyebabkan infeksi fatal. Anda mungkin biasa mengungkapkan rasa sayang terhadap anjing peliharaan dengan membiarkannya menjilati tubuh Anda atau bahkan menciuminya.

Seperti dilansir dari Dailymail, para ahli memperingatkan bahaya dari kandungan air liur anjing yang bisa membawa bakteri Salmonella, campolybacter, dan E coli, bahkan juga ditemukan Toxocariasis, yaitu parasit yang bisa sebabkan kista di otak dan mata.

Profesor John Oxford, emeritus profesor virologi dan bakteriologi di Queen Mary, University of London dan seorang ahli dalam mikrobiologi, mengatakan ia tidak akan membiarkan anjing menjilat wajahnya, tidak peduli seberapa bersih dan segar anjingnya.

"Hal ini bukan hanya tentang yang ada di air liur. Anjing menghabiskan setengah hidup mereka untuk mengendus sudut-sudut kotor atau di atas kotoran anjing sehingga moncong mereka penuh dengan bakteri, virus, dan kuman dari segala macam patogen jahat termasuk salmonella dan campolybacter," tuturnya.

Menurut Food Standards Agency, campylobacter adalah penyebab diare dan gastroenteritis paling umum juga keracunan makanan di Inggris setiap tahunnya. Diperkirakan bahwa setengah dari anjing membawa infeksi ini dan memicu penyakit tanpa gejala.

Anjing juga dapat menularkan infeksi jamur kulit termasuk kurap untuk anak-anak dan orang dewasa, meskipun hal ini tidak melalui transmisi air liur. Anjing peliharaan Anda juga dapat menularkan parasit jahat seperti cacing gilik atau cacing bulat.

"Parasit ini dapat menginfeksi manusia jika mereka tidak sengaja menelan telur cacing tersebut," papar Dr Hilary Longhurst, konsultan imunologi klinik berbasis di St Bartholomew Hospital, di London.

Beberapa virus juga bisa ditularkan anjing ke manusia, baik karena saliva atau kontak feses. Seperti virus influenza tipe A yang bisa beredar di antara banyak populasi hewan, termasuk babi dan burung.

"Meskipun tidak ada bukti penularan influenza anjing (Influenza A) kepada manusia, virus ini tidak bermutasi sehingga mereka mudah menyebar di kalangan manusia," kata Profesor Oxford.

Mencintai anjing yang Anda putuskan untuk pelihara memang penting dilakukan. Tapi, memberi ciuman dengan mencium dari jauh daripada memberi ciuman langsung adalah hal yang bijak.

Penjelasan kandungan air liur anjing di atas tak membuat untuk mengurangi rasa sayang terhadap anjing Anda dengan segala cara, tapi ahli menganjurkan jangan terlalu intim.(mr/snd)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Study: Liur Anjing Mengandung Beragam Patogen Jahat
Study: Liur Anjing Mengandung Beragam Patogen Jahat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgnTQuZtOfZ5AvOwzPvted5An9LZHvBZ5apChfqAjD1GeSEe0nzYB-GVdENkTNlh3fs3Xwi7t1XbyC4oJGSXSVlLrv9e8DY_lxc0KJ5vEREG7FH_ymr0CnzSC-rRznBb4MBN7i2sHYKMDw/s1600/1636851445336722-0.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgnTQuZtOfZ5AvOwzPvted5An9LZHvBZ5apChfqAjD1GeSEe0nzYB-GVdENkTNlh3fs3Xwi7t1XbyC4oJGSXSVlLrv9e8DY_lxc0KJ5vEREG7FH_ymr0CnzSC-rRznBb4MBN7i2sHYKMDw/s72-c/1636851445336722-0.png
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/11/study-liur-anjing-mengandung-beragam.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/11/study-liur-anjing-mengandung-beragam.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy