Tips Atasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan



JAKARTA - Pernahkah kaca mobil Anda berembun ketika berkendara saat turun hujan? Ini tentu cukup mengganggu.

Penyebab kaca mobil berembun beragam. Yang paling sering terjadi adalah masalah suhu di dalam kabin. Bisa juga ada masalah pada AC mobil. Embun pada kaca mobil terjadi akibat tingkat kelembaban di luar yang sangat tinggi serta perbedaan suhu di luar dan dalam kabin mobil.

Dampak kaca mobil berembun adalah terganggunya jarak pandang ketika berkendara. Terlebih saat hujan. Nah, Carsome punya tips untuk mengatasi kaca mobil yang berembun, berikut diantaranya:

1. Turunkan Temperatur di Kabin Mobil

Embun pada kaca mobil terjadi karena adanya perbedaan suhu di luar dan di dalam kabin. Untuk itu, turunkan temperatur di dalam kabin mobil sehingga pengembunan (kondensasi) berkurang.

2. Memanfaatkan Fitur Defrost/Defogger di mobil kamu

Jika mobil dilengkapi fitur defrost/defogger, memanfaatkan fitur ini untuk menghilangkan embun di kaca mobil. Ventilasi defrost biasanya terletak pada kedua sisi paling ujung pada dashboard.

3. Resirkulasi Udara dalam Mobil

Salah satu cara mengatasi embun pada kaca mobil adalah dengan menggunakan tombol resirkulasi. Ketika fungsi ini diaktifkan, mobil akan memasukkan udara dari luar mobil dan menghembuskan udara dari dalam tanpa mengubah temperatur. Dengan begitu, tidak akan ada perbedaan temperatur yang menyebabkan terbentuknya embun.

4. Menyalakan AC dan Wiper

Embun tidak hanya terbentuk karena temperatur udara di luar dingin, tetapi bisa berlaku sebaliknya. Udara di luar yang panas dan temperatur di dalam mobil yang dingin, juga memungkinkan spot-spot embun untuk terbentuk pada kaca.

Cara mengatasinya dengan mengurangi temperatur AC. Maka, dapat mengurangi embun yang terbentuk di kaca. Gunakan wiper untuk menyeka embun yang terbentuk pada kaca mobil.

5. Membuka Jendela

Cara tercepat dan mudah untuk menghilangkan embun yang terbentuk pada kaca mobil adalah membuka jendela mobil. Buka jendela mobil sampai embun menghilang, lalu tutup kembali agar udara dingin dari AC mobil dapat kembali terasa.(mr/snd)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Tips Atasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan
Tips Atasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgY3ny_eB0Iryfo7WyXT2rGVYtrilq0EFNrONRJfDL6XcFXDPFej6xUBljpBgbBapurzGfvAtUfbqZPQTxDLf9-9m-savtxzDIQAnvxLTi_fMgd2bNpCebP90RrInKcw7YAWNhfS-i02jc/s1600/IMG_ORG_1638060173508.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgY3ny_eB0Iryfo7WyXT2rGVYtrilq0EFNrONRJfDL6XcFXDPFej6xUBljpBgbBapurzGfvAtUfbqZPQTxDLf9-9m-savtxzDIQAnvxLTi_fMgd2bNpCebP90RrInKcw7YAWNhfS-i02jc/s72-c/IMG_ORG_1638060173508.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/11/tips-atasi-kaca-mobil-berembun-saat.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/11/tips-atasi-kaca-mobil-berembun-saat.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy