Tips dan Trik Mengerjakan Soal UTBK yang Sering Dianggap Sepele

UTBK adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer yang diadakan sebagai salah satu syarat masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri).

Eksistensi UTBK dimulai sejak tahun 2019. Penyelenggara ujian masuk PTN ini adalah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

LTMPT adalah lembaga yang berada di naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sebagai satu-satunya penyelenggara UTBK di Indonesia, LTMPT adalah penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar.

Sejak berjalan dari tahun 2019, UTBK bisa diikuti oleh siswa SMA sederajat yang lulus di tahun 2019, 2020, dan dari tahun 2021. Selain, peserta UTBK juga bisa berasal dari lulusan paket C di tahun 2019-2021 yang berusia di bawah 25 tahun.

Dikutip dari website resmi LTMPT, ada dua tujuan utama UTBK. Tujuan pertama adalah untuk memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu.

Tujuan kedua UTBK adalah untuk memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara feksibel, yaitu memilih lokasi dan waktu tes.

Sejak tahun 2019, UTBK dibagi dalam 3 fokus pelajaran, yaitu saintek, soshum, dan campuran.

Selain itu, UTBK terbagi dalam dua jenis mata uji, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

Hanya saja, pada tahun 2020, karena adanya pandemi Covid-19, fokus pelajaran campuran dan mata uji TKA dihilangkan. Tahun 2021, UTBK kembali normal.

Trik dan Tips Lolos UTBK

Ada sejumlah hal yang cukup jarang diperhatikan peserta UTBK saat mengerjakan ujian vital ini masuk perguruan tinggi ini.

Berikut ini sejumlah masalah, solusi, tips, dan trik menghadapi ujian UTBK:

1. Persiapan

Bagian paling menyulitkan di UTBK bukan sewaktu proses ujian berlangsung. Akan tetapi pada proses persiapan.

Masa persiapan akan menentukan peningkatan tes akademik dan sofft skill yang kamu miliki. Ada banyak spektrum yang bisa kamu latih selama masa persiapan ini.

Tujuannya agar lebih bisa mengatur dan mengontrol diri sendiri. Persiapan yang baik akan memberimu kemampuan mengerjakan ujian soal dengan lebih baik. Berikut ini sejumlah detail persiapan yang sebaiknya dilakukan sebelum UTBK:

A. Kerjakan Berbagai Jenis Latihan Soal TKA dan TPS

Sebisa mungkin, sesuaikan jumlah try out yang diikuti dengan kemampuan dirimu. Jika memungkinkan, ikuti kelas bimbingan belajar (bimbel) baik secara ofine atau online yang menawarkan paket try out menghadapi UTBK..

Harusnya kamu tidak perlu bingung, karena sekarang ini banyak sekali lembaga bimbel yang mengklaim sebagai bimbel online terbaik di Indonesia. Umumnya mereka sudah menyediakan layanan program try out, pembelajaran materi, pembahasan latihan soal, dan pembahasan soal materi uji UTBK.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari latihan soal. Selain menguji kemampuan akademis, kamu juga mampu meningkatkan softskill. Pada akhirnya, softskill ini akan mendukung kemampuan akademismu.

Keuntungan lain mengikuti bimbel online adalah soal manajemen waktu. Problematika manajemen waktu ini sering dianggap sepele. Padahal sifatnya cukup penting.

B. Perhitungkan Waktu Mengerjakan Soal

Mengatur waktu juga jadi hal urgent saat mengerjakan UTBK. Dengan bimbel online, latihan manajemen waktu ini bisa dilakukan berkali-kali.

Sebagai contoh kasus, cobalah mengerjakan soal sambil mencatat durasi pengerjaan tiap soal. Lalu bandingkan durasi waktu tiap pengerjaan soal. Dari situ, bisa dilihat mana soal yang butuh durasi lama dan pendek.

Durasi lama pengerjaan soal berarti kelemahan yang perlu diperbaiki. Cari masalahnya di mana, cari solusinya, dan uji solusi itu.

Sejumlah bimbel online juga menyediakan layanan konsultasi yang bisa kamu gunakan untuk membicarakan masalah manajemen waktu ini. Gunakan layanan itu untuk updgrade skill yang kamu miliki.

C. Perbanyak Riset Soal

Perlu diingat, memperbanyak riset bukan berarti melupakan kesehatan tubuhmu. Sesuaikan kemampuan dirimu dengan aktivitasmu.

Riset sejumlah topik yang berkaitan langsung atau tidak langsung dengan soal UTBK tahun sebelumnya. Dari sini, kamu akan dapat proyeksi pengetahuan.

Kamu juga bisa merujuk ke tentor bimbel untuk menjalankan riset soal ini. Lakukan aktivitas riset setiap hari hingga menjelang hari ujian UTBK.

2. Nalar dan Logika Berpikir Cepat

Aktivitas vital saat mengerjakan UTBK adalah nalar dan ketelitian. Dengan dua hal itu, kamu tidak perlu membaca seluruh teks soal berkali-kali.

Lakukan pembacaan cepat, pastikan memakai nalar plus ketelitianmu, pada pertanyaan dan pernyataan soal. Cari kata dan frase tertentu yang jadi keyword pernyataan.

Lalu cari kecocokan antara jawaban dengan pernyataan. Dengan kemampuan dasar nalar dan logika, kamu bisa membaca cepat dan menentukan jawaban

Tentu saja, untuk melatih nalar dan logika ini ada di waktu persiapan sebelum UTBK berlangsung.

3. Menghitung Cepat

Biasanya, soal hitungan akan membutuhkan durasi lama. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mulai belajar sejumlah trik menghitung.

Trik menghitung ini bisa berbentuk modifkasi, jembatan keledai, dan menyederhanakan perhitungan. Untuk bisa menguasai skill menghitung cepat ini, kamu bisa mendapatkannya di masa persiapan.

Kabar baiknya, sejumlah guru atau tentor bimbel akan memberikan kemampuan ini padamu.

Dengan kemampuan ini, kamu akan mempersingkat durasi waktu pengerjaan soal.

Ada banyak tips dan trik menghadapi mengerjakan soal UTBK di internet. Inti berbagai wawasan itu ada di bagaimana kamu menyiapkan dirimu. Jadi, semakin baik persiapanmu, maka kemungkinan besar, makin baik pula kemampuanmu mengerjakan soal.

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Tips dan Trik Mengerjakan Soal UTBK yang Sering Dianggap Sepele
Tips dan Trik Mengerjakan Soal UTBK yang Sering Dianggap Sepele
https://lh3.googleusercontent.com/-d8gC1ItJNr0/YbIRbUAXmsI/AAAAAAAAtW8/OG0yqzF7mFAHacKq80K5TGS4Fhl-OLeVQCNcBGAsYHQ/s1600/1639059817893720-0.png
https://lh3.googleusercontent.com/-d8gC1ItJNr0/YbIRbUAXmsI/AAAAAAAAtW8/OG0yqzF7mFAHacKq80K5TGS4Fhl-OLeVQCNcBGAsYHQ/s72-c/1639059817893720-0.png
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/12/tips-dan-trik-mengerjakan-soal-utbk.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/12/tips-dan-trik-mengerjakan-soal-utbk.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy